Berita

Adopsi Teknologi PTT Padi di Lombok Barat MK 2012

Pin It

Musim tanam pada MK 2012 merupakan salah satu momen yang tidak ingin dilewatkan oleh petani untuk menanam padi. Demikian juga halnya dengan para petani di Kabupaten Lombok Barat khususnya Desa Gerung Selatan yang mendapat kesempatan untuk melaksanakan display varietas padi sebagai bentuk pendampingan BPTP NTB dalam kegiatan SL PTT padi pada musim tanam kali ini. Kelompok tani pelaksana di desa ini adalah kelompok tani “Memalik Mudi” yang diketuai oleh H. Yusuf Adnan.

Display varietas yang diperkenalkan meliputi padi varietas Inpari 3, Inpari 9, Inpari 10 dan Inpari 11 dengan Situbagendit sebagai pembanding. Keunggulan utama dari masing – masing varietas ini antara lain : Inpari 3 termasuk varietas yang agak tahan terhadap wereng coklat, Inpari 9 tahan terhadap tungro, Inpari 10 tahan terhadap blas dan Inpari 11 tahan tehadap kresek serta berumur genjah.

Keberhasilan suatu usaha tani ditentukan oleh komponen – komponen teknologi yang  diterapkan dalam usaha tani tersebut. Komponen teknologi tersebut meliputi komponen dasar dan pilihan diantaranya : penggunaan varietas unggul baru, benih unggul, pemupukan spesifik lokasi, pengendalian hama penyakit terpadu, pengaturan populasi tanam dan penanaman 1-3 bibit per lubang tanam serta panen dan penanganan pasca panen yang tepat. Penanaman telah dilaksanakan pada hari Jum’at, 27 April 2012 yang didampingi oleh PPL desa setempat dan tenaga detasir SL PTT BPTP NTB, penanaman dengan sistem tanam jajar legowo 2 :1 dengan jumlah bibit yang di tanam 1-3 bibit per lubang tanam. Hal ini menurut, petani selain memudahkan dalam hal pemupukan, penyiangan dan pengendalian hama penyakit juga menghemat penggunaan bibit. (Sumber : Hiryana Windiyani)

Web Analytics