Berita

Murid SD Diperkenalkan M-KRPL

Pin It

Sebanyak 72 orang murid SD Bertaraf Internasional Mataram bersama 6 orang guru pendamping melakukan kunjungan Study Edukasi ke Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Nusa Tenggara Barat (BPTP NTB), Kamis, 19/4/2011. Rombongan diterima oleh Kasi Kerjasama dan Pelayanan Pengkajian, Ir. Prisdiminggo.

Dalam kunjungan ini murid-murid dibagi tiga kelompok sehingga informasi yang diterima dapat lebih efektif. Tiap-tiap kelompok berkesempatan meninjau objek yang sama secara bergiliran. Materi yang diberikan dalam kunjungan ini adalah miniatur Model Kawasan Rumah Pangan Lestari (MKRPL) dan Kebun Bibit yang sedang dirancang oleh BPTP NTB. Saat berkunjung ke miniatur MKRPL dan ke kebun bibit, para murid begitu antusias dan banyak pertanyaan yang mereka sampaikan seputar cara penanaman dan perbanyakan bibit sayuran.

Selain mengunjungi miniatur MKRPL, mereka juga mengunjungi objek lainnya seperti UPBS, Kebun Lahan Sempit, Demplot Usaha ternak di lahan sempit, laboratorium dan perpustakaan digital.

Setelah berkeliling di kompleks BPTP NTB selama tiga jam, salah seorang guru pendamping, Ibu Rebeca Hasibuan sangat tertarik dengan penataan miniatur KRPL dan berharap miniatur serupa dapat diperkenalkan di lingkungan TK-SD Bertaraf Internasional yang berlokasi di Seganteng, Cakranegara, Kota Mataram. Menanggapi hal tersebut, pihak BPTP NTB menyambut baik maksud untuk mengembangkan MKRPL di lingkungan pekarangan sekolah dan menyarankan untuk menindaklanjutinya dengan bersurat resmi ke BPTP NTB.

Nampaknya banyak pihak yang tertarik dengan MKRPL, dan BPTP harus dapat menfasilitasi untuk memperluas jaringan kerja sehingga KRPL dapat menyebar ke lingkungan, sekolah dan fasilitas umum lainnya. Semoga. (Ria Rustiana)

Web Analytics