Berita

GAPOKTAN “BISMILLAH” Puyung, Lombok Tengah Terima Kunjungan Kerja Anggota DPRD Kalimantan Tengah

Pin It

Dalam rangka kunjungan kerja ke Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), rombongan anggota DPRD komisi B Provinsi Kalimantan Tengah mengadakan kunjungan lapangan ke Gapoktan “Bismillah”  Desa Puyung, Lombok Tengah. Kunjungan kerja tersebut berlangsung pada awal Maret 2012  dan rombongan secara langsung diterima oleh ketua Gapoktan “Bismillah” H. Saupi. Rombongan yang berjumlah 20 orang dan didampingi oleh wakil  dari  Dinas Pertanian Provinsi NTB, sangat antusias dengan proses pembelajaran petani anggota Gapoktan “Bismillah” yang memanfaatkan Gapoktan sebagai wahana belajar berbagai inovasi teknologi baru secara langsung di lapang.

Salah satu inovasi teknologi yang dipelajari di dalam Gapoktan tersebut adalah penerapan pola tanam jajar  legowo pada budidaya tanaman padi. Teknik  jajar legowo merupakan salah satu upaya yang dilakukan untuk meningkatkan produktifitas tanaman padi melalui peningkatan jumlah populasi tanaman dan teknik jajar legowo yang direkomendasikan oleh Badan Litbang Kementerian Pertanian adalah 2:1. Sebelum menerapkannya dalam skala luas para petani umumnya akan mencoba membandingkan tehnik tersebut dengan sistem tanam yang biasa mereka lakukan dalam Gapoktan dan setelah mengetahui perbedaan hasilnya secara signifikan barulah petani menerapkan teknologi baru tersebut.  Sistem jajar legowo yang direkomendasikan oleh pemerintah dalam hal ini Badan Litbang Kementerian Pertanian adalah 2:1 tetapi dengan adanya kreatifitas petani mencoba sistem jajar legowo 3:1 dan 4:1. Sebagaimana diketahui Gapoktan “Bismillah” merupakan salah satu Gapoktan yang dibina BPTP NTB, khususnya dalam kegiatan perbenihan padi.

Ketua Komisi B selaku ketua rombongan berharap ke depannya akan ada kerjasama antara Dinas Pertanian Provinsi NTB dan Kalimantan Tengah yang difasilitasi oleh DPRD untuk mengadakan kunjungan ke  Kalimantan Tengah guna mengembangkan metode pembelajaran petani secara langsung di lapang yang dikelola oleh Gapoktan di Kalimantan Tengah seperti halnya Gapoktan “Bismillah”. (Sumber : Eka Widiastuti).

Web Analytics