Berita

Kunjungan Menristek Ke NTB Dalam Rangka Memperkuat SDM Dan IPTEK Di Koridor V MP3EI

Pin It

Menteri Riset dan Teknologi (Menristek) Prof.Dr.Ir. H. Gusti Muhammad Hatta, MS didampingi para Deputi dan Pimpinan Lembaga Pemerintah Non Kementerian (LPNK) melakukan kunjungan kerja ke NTB pada tanggal 24-25 Pebruari 2012. Selain jajaran Kemenristek, juga hadir perwakilan dari Kemdiknas, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, dan Kementerian Pertanian, yaitu dari Badan Litbang Pertanian yang diwakili Kepala Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian (BBP2TP) Dr.Ir. Kasdi Subagyono, MSc. Kunjungan ini dilakukan dalam rangka melakukan dialog di bidang Sumberdaya Manusia (SDM) dan Iptek dengan para Pimpinan Daerah, akademisi, para pakar, tokoh masyarakat, swasta, LSM, untuk membahas masalah-masalah di daerah dan upaya-upaya membangun daerah melalui penguatan SDM dan Iptek. Selain itu Menristek juga meluncurkan (launching) Sistem Inovasi Daerah (SIDa) sebagai salah satu bentuk koordinasi dan kerjasama membangun daerah berbasis iptek melalui optimalisasi seluruh sumberdaya secara sinergi dan terintegrasi.

Dialog SDM dan Iptek dilakukan di Pendopo Gubernur NTB di Mataram pada hari Jumat 24 Pebruari 2012 dengan menampilkan paparan Gubernur NTB, Gubernur Bali yang diwakili Asisten II dan Gubernur NTT yang diwakili Asisten I, berisi potensi daerah masing-masing, permasalahan yang dihadapi dan harapan ke depan dalam rangka pembangunan wilayah koridor V MP3EI (Bali – NTB – NTT), yang berbasis pariwisata didukung ketahanan pangan.

Menristek dalam sambutannya menyatakan bahwa maksud kunjungannya ke NTB adalah dalam rangka: 1) sosialisasi MP3EI berbasis SDM dan Iptek, 2) peluncuran Sistem Inovasi Daerah (SIDa), 3) menyampaikan pidato ilmiah pada Wisuda Universitas Mataram, dan 4) memperkenalkan Lembaga Pemerintah non Kementerian (LPNK). Adapun 7 LPNK di bawah koordinasi Kemristek yang hadir terdiri dari: BAPETEN (Badan Pengawas Tenaga Nuklir), BIG (Badan Informasi Geospasial – dulu Bakosurtanal), BATAN (Badan Tenaga Nuklir), LAPAN (Lembaga Antariksa Nasional), LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia), BSN (Badan Standarisasi Nasional), dan BPPT (Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi).

Acara dilanjutkan dengan diskusi antara Menristek dengan peserta pertemuan, kemudian dilanjutkan dengan pemberian Peta Terbaru untuk Propinsi Bali, NTB, dan NTT kepada Gubernur masing-masing daerah.

Pada hari kedua, Sabtu 25 Februari 2012 kunjungan Menristek ke NTB, dilanjutkan dengan acara launching Sistem Inovasi Daerah (SIDa) di Desa Banyumulek, Kabupaten Lombok Barat. Gubernur NTB, Dr. TGH. Zainul Majdi, MA dalam sambutannya menyatakan bahwa masih banyak fasilitas yang tersedia di NTB ini yang belum dimanfaatkan secara optimal, oleh karena itu momen peluncuran SIDa ini sangat penting dalam rangka pemanfaatan asset dan sumberdaya yang tersedia untuk mempercepat akselerasi pembangunan di koridor V ini. Menristek dalam sambutannya sekaligus meluncurkan SIDa ini menyatakan bahwa  sistem jaringan inovasi SIDa ini berbasis ABG (Akademisi, Bussinessman, dan Government). Peran penting Litbang yang diwakili akademisi dan unsur kelitbangan lainnya sangat diharapkan sebagai motor penggerak SIDa. Acara diakhiri dengan pemberian proyek ristek kepada peneliti Unram dan BPTP NTB. BPTP NTB mendapatkan 6 judul penelitian dari Kemristek untuk tahun  2012 ini.   (Sumber : Farida Sukmawati M).

Web Analytics