Berita

Kepala BBP2TP Meninjau MKRPL Karang Sidemen

Pin It

Kepala Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian (BBP2TP) Dr. Ir. Kasdi Subagyono, M.Sc, Jum’at 24 Februari 2012 meninjau Model Kawasan Rumah Pangan Lestari (MKRPL) Desa Karang Sidemen, Kabupaten Lombok Tengah.

Dalam kunjungannya Kepala BBP2TP yang didampingi Kepala BPTP NTB Dr. Ir. Dwi Praptomo S, MS menyempatkan diri berdialog dengan para petani tentang manfaat adanya MKRPL. Menurut petani manfaat langsung MKRPL adalah terjadi penghematan pengeluaran rumah tangga sebesar Rp.20.000 – Rp. 25.000 per hari. Disamping itu pendapatan dari hasil penjualan mencapai Rp.25.000 – Rp. 35.000 per minggu. Sementara itu, hasil ternak seperti telur diupayakan untuk ditetaskan dan anaknya dikadaskan kepada tetangga yang ingin memelihara ternak.

Ditanya mengenai bahan media tanam, petani sudah bisa membuat pupuk kompos dari kotoran sapi. Tanaman yang ada di pekarangan ada yang ditanam langsung, ada yang menggunakan wadah dari polibag maupun memanfaatkan barang bekas, seperti karung, bambu, maupun sabut kelapa. Petani juga telah berhasil membuat biogas dari limbah ternak sapi dan digunakan sebagai bahan bakar kompor gas di pondok pertemuan kelompok. Jumlah ternak sapi milik kelompok sebanyak 50 ekor yang dipelihara dalam kandang kolektif, dilengkapi bangunan prosessing kompos dan biogas. Selanjutnya ditanya bagaimana tanggapan masyarakat terhadap MKRPL, para petani menjelaskan bahwa tanggapan masyarakat sangat positif. Hal ini terlihat dari jumlah peserta yang bertambah dari 20 menjadi 35 rumah tangga, bahkan banyak masyarakat dari luar Desa yang sengaja berkunjung baik perorangan maupun rombongan untuk belajar cara pemanfaatan pekarangan. Kepala BBP2TP menilai kondisi biofisik dan agroklimat Desa Karang Sidemen, kemungkinan cocok untuk pengembangan ternak kelinci.

Kepala BBP2TP berada di NTB selama dua hari dalam rangka menghadiri Dialog Pengembangan SDM dan Iptek dalam Mendukung Implementasi Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) Koridor Bali-Nusa Tenggara dan Launching Sistem Inovasi Daerah (SiDA) oleh Menristek Prof. Dr. Gusti Muhamad Hatta. Pada akhir kunjungannya di MKRPL Karang Sidemen, Kepala BBP2TP meminta agar satu unit MKRPL diimplementasikan di wilayah perkotaan. (Sumber : Moh. Nazam).

 

Web Analytics