Berita

Lokakarya Perancangan Pendampingan SMD di Nusa Tenggara Barat

Pin It

Lokakarya pendampingan Sarjana Membangun Desa (SMD) mendukung program Swasembada Daging Sapi dan Kerbau (PDSK) 2012 dilaksanakan di Aula Dinas Peternakan Kabupaten Dompu, 22 Februari 2012, dihadiri oleh Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Dompu, Ir. Fahrudin MS, Kepala UPTB dan SMD se Kabupaten Dompu.

Ir. Fahrudin, MS membuka acara lokakarya ini dalam pengarahannya, mengharapkan kepada SMD agar selalu fokus dalam melaksanakan program yang digulirkan oleh Kementerian Pertanian melalui Direktorat Jenderal Peternakan ini. “Para SMD harus dapat memperlihatkan eksistensi dirinya dan dapat memberikan nilai tambah pada kelompoknya. Jangan sama saja produksi antara petani yang tidak dibina dengan petani yang dibina oleh SMD,” ujarnya menambahkan.

Sementara itu Dosen Fakultas Peternakan Universitas Mataram, Ir. Muhzi, MS, selaku narasumber memberikan motivasi kepada para SMD bahwa ekspor daging selama 5 tahun terakhir cenderung meningkat. Hal ini tidak bisa dibiarkan oleh karena itu SMD selaku tenaga lapangan harus mampu menunjukkan peningkatan produktivitas sapi karena produktivitas yang dicapai belum maksimal sehingga masih dapat ditingkatkan.

Pada kesempatan ini Dr. Tanda Panjaitan menyampaikan materi  ciri-ciri inovasi dan potensi legum pohon sebagai sumber pakan berkualitas seperti Turi, Lamtoro, Gamal dan Kelor. Dalam uraiannya Dr. Tanda Panjaitan memaparkan bahwa inovasi akan dapat diadopsi oleh peternak apabila melakukan tahapan penyadaran, aksi uji lapangan, koordinasi dengan instansi terkait, peningkatan pengetahuan,  penyiapan sarana dan prasarana dan dilaksanakannya pembinaan kelompok secara berkelanjutan.

Dikesempatan ini pula dilaksanakan diskusi tentang rencana tindaklanjut dengan para SMD. Cukup banyak rencana aksi yang diusulkan. Rencana aksi yang diusulkan akan diikuti dengan jadwal pembinaan dan pihak yang akan melaksanakan aksi tersebut.  (Sumber : Prisdiminggo).

Web Analytics