Berita

BPTP Jadi Nara Sumber Teknologi Tepat Guna Di Poltekes

Pin It

Dalam rangka pembekalan Praktek Kerja Lapang (PKL) bagi mahasiswa Semester V, Politeknik Kesehatan (Poltekes) Mataram mengundang pembicara dari berbagai instansi untuk menyampaikan materi dalam kegiatan tersebut, salah satunya adalah dari BPTP NTB. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Selasa, 21 Februari 2012 dengan peserta sebanyak 45 orang, di mana peserta-peserta tersebut merupakan mahasiswa yang akan mengikuti PKL. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan bekal bagi mahasiswa dalam rangka pengabdian masyarakat.

Adapun materi yang disampaikan oleh wakil dari BPTP NTB dalam hal ini Ria Rustiana, S.ST dan Fitrahtunnisa, M.Si adalah Teknologi Tepat Guna (TTG). Mengingat lokasi tujuan PKL bagi mahasiswa tersebut adalah Kecamatan Alas Kabupaten Sumbawa yang terdiri dari daerah pesisir, dataran rendah dan dataran tinggi, maka materi yang disampaikanpun disesuaikan dengan potensi daerah tersebut. Materi tentang TTG dipandang perlu untuk memahami dan mengenali kondisi sumber daya alam (SDA) maupun sumber daya manusia (SDM) setempat sehingga potensi-potensi tersebut mampu dikembangkan dengan tujuan akhir untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Materi TTG yang disampaikan dibagi menjadi dua bagian, yaitu pengertian dan arti penting dari TTG itu sendiri, serta teknologi pengolahan pangan hasil pertanian dan perikanan. Usai pemaparan materi oleh kedua pembicara, acara dilanjutkan dengan diskusi. Selama penyampaian materi dan diskusi berlangsung, mahasiswa terlihat antusias dalam menyimak materi yang disampaikan. Gde Narda Widiada selaku penanggung jawab materi tersebut mengharapkan materi ini nantinya berguna bagi mahasiswa di lokasi PKL dengan harapan teknologi tersebut mampu di”share” dan diterapkan ke masyarakat setempat.  (Sumber: Ria Rustiana dan Fitrahtunnisa).

Web Analytics