Berita

Sekolah Lapang MKRPL “Petani Belajar dari Petani”

Pin It

Antusiasme kelompok tani “Melet Maju”, Dusun Sanggar Sari, Desa Sigar Penjalin, Kecamatan Tanjung, Kabupaten Lombok Utara untuk mengembangkan Model Kawasan Rumah Pangan Lestari (MKRPL) di wilayahnya tidak sekedar perkataan belaka, tetapi semangat dan keingintahuan mereka telah ditunjukkan dengan melakukan kunjungan dan belajar secara langsung  ke kelompok tani yang telah berhasil membangun MKRPL, yaitu kelompok tani Karya Harum, Dusun Jeliman, Desa Karang Sidemen, Kabupaten Lombok Tengah, Minggu, 19 Februari 2012.

Pengurus kelompok tani “Melet Maju” didampingi Nana Namara (PPL desa setempat) diterima Ketua Kelompok Tani Karya Harum Nurifansyah di Pondok Pertemuan kelompok. Pada kesempatan tersebut  penanggung jawab kegiatan MKRPL BPTP NTB (Dr. Moh. Nazam) menjelaskan bahwa MKRPL di Dusun Jeliman ini dibangun sejak November 2011. Sebelumnya kondisi pekarangan disini belum dimanfaatkan, bahkan kondisi pekarangan di Dusun Sanggar Sari saat ini lebih maju. Tetapi berkat kegigihan pak Nurifansyah bersama anggota kelompoknya, dalam waktu yang relatif singkat berhasil mengembangan berbagai jenis tanaman dan bahkan ternak di lahan pekarangan. Nurifansyah menyampaikan bahwa tampilan MKRPL kelompoknya mendapat apresiasi dari berbagai pihak, sudah banyak masyarakat yang sengaja berkunjung dan belajar cara pemanfaatan pekarangan disini, bahkan MKRPL untuk tahun 2012 ini MKRPL menjadi salah satu program prioritas Desa Karang Sidemen dalam Musrenbangdes. Manfaat yang sangat dirasakan petani dengan kehadiran MKRPL  bahwa kami sudah dapat menghemat pengeluaran atau belanja rumah tangga sedikitnya Rp.15.000/hari, bahkan sudah dapat menjual hasil pekarangan seperti paria, terong, sawi, cabai dan lain-lain. Saat ini sudah banyak masyarakat yang memesan bibit disini bahkan bibit yang ada di kebun bibit ini semuanya sudah ada yang memesan.

Para petani melihat secara langsung tampilan kebun bibit, pekarangan petani baik yang luas maupun yang sempit. Mereka juga belajar cara menyiapkan bibit yang baik, permasalahan yang dihadapi petani dan cara mengatasi serangan hama dan penyakit. Para peserta nampaknya sangat terkesan dengan tampilan pekarangan yang ada di Dusun Jeliman, Desa Karang Sidemen ini. Beberapa peserta menyatakan bahwa petani disini sangat kreatif menata pekarangannya sehingga suasananya menjadi indah dan nyaman, padahal bahan-bahan yang digunakan sangat sederhana dan banyak memanfaatkan barang bekas, bahkan bekas helmpun digunakan sebagai media.    (Sumber : Moh. Nazam).

Web Analytics