Berita

KWT “Bunga Arabiang” Lombok Timur Sambut Baik Kehadiran MKRPL

Pin It

Kelompok Wanita Tani (KWT) Bunga Arabiang, Dusun Labuan Pandan, Kecamatan Sambelia, Kabupaten Lombok Timur menyambut baik kehadiran Model Kawasan Rumah Pangan Lestari (MKRPL) di wilayahnya. Setidaknya itulah yang terlihat dari raut wajah para peserta Workshop Perencanaan Partisipatif dan Sosialisasi Model Kawasan Rumah Pangan Lestari (MKRPL), yang diselenggarakan oleh BPTP NTB Sabtu, 18 Februari 2012. Hadir dalam acara tersebut antara lain anggota kelompok wanita tani, PPL, PKK Kecamatan Sambelia, tokoh agama dan tokoh masyarakat setempat.

Ir. M. Sofyan Souri, anggota Tim M-KRPL BPTP NTB menyampaikan bahwa KWT Bunga Arabiang merupakan satu-satunya lokasi MKRPL di Kabupaten Lombok Timur yang dibina oleh BPTP tahun ini. Oleh karena itu kami mengharapkan agar kesempatan ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya dengan mengoptimalkan pemanfaatan pekarangan yang tersedia untuk menghasilkan bahan pangan, baik berupa sayuran, buah-buahan maupun bahan pangan penghasil karbohidrat serta rempah dan obat-obatan. Pemanfaatan pekarangan tidak banyak membutuhkan biaya dan tenaga, karena dapat dikerjakan oleh tenaga keluarga baik anak-anak maupun orang tua dan bahan-bahannya banyak tersedia di lokasi ini, seperti bambu, daun kelapa dan barang bekas seperti karung dan zak semen.

Sementara itu, Dr. Moh. Nazam, M.Si selaku penanggungjawab kegiatan MKRPL BPTP NTB,  menjelaskan pentingnya MKRPL,  tujuan dan manfaat MKRPL bagi rumah tangga dan masyarakat. Hal yang terpenting adalah bagaimana MKRPL ini dibangun di lokasi tersebut agar dapat berfungsi sebagai rumah pangan yang berlangsung kontinyu dan berkesinambungan (lestari) , antara lain harus tersedia kebun bibit yang dapat menghasilkan dan menyediakan bibit secara terus menerus, pemanfaatan  limbah tanaman dan ternak yang tersedia di pekarangan sebagai media tanam dan penyubur tanaman, pemanfaatan bahan bekas maupun bahan lokal setempat sebagai wadah media tanam. Suasana sosialisasi menjadi sangat menarik karena para peserta dapat melihat gambar mengenai cara dan bentuk pemanfaatan pekarangan yang telah berhasil dibangun di tempat lain, seperti MKRPL Desa Karang Sidemen, Kabupaten Lombok Tengah. Pemanfaatan pekarangan dengan berbagai jenis tanaman dan ternak, selain dapat memenuhi kebutuhan pangan dan gizi keluarga sehari-hari, juga dapat dijual untuk menambah pendapatan. Demikian pula penataan pekarangan yang baik akan memberikan suasana lingkungan yang hijau, segar dan nyaman.  (Sumber : Moh. Nazam)

Web Analytics