Berita

Perencanaan Partisipatif Dan Sosialisasi MKRPL di Kabupaten Lombok Barat

Pin It

Kegiatan Model Kawasan Rumah Pangan Lestari (MKRPL) di NTB terus dipersiapkan. Setelah Kabupaten Lombok Utara, pada hari Rabu, 15/02/2012 perencanan partisipatif dan sosialisasi kegiatan MKRPL  telah dilaksanakan pula di Dusun Iting Langgem, Desa Kuripan Utara, Kecamatan Kuripan, Kabupaten Lombok Barat, dihadiri oleh Kepala KCD, Penyuluh dan anggota kelompok wanitatani “Melati”. Kepala BPTP NTB, Dr. Ir. Dwi Praptomo S., MS  dalam pembukaan menyampaikan keprihatinannya terhadap kurangnya pemanfaatan pekarangan oleh masyarakat, sehingga ibu-ibu masih tetap membeli sayuran, sementara halamannya dibiarkan kosong. Selanjutnya kepala BPTP NTB mengemukakan arti pentingnya program MKRP ini dilaksanakan antara lain untuk mengoptimalkan pemanfaatan pekarangan seoptimal mungkin dan dapat dimanfaatkan untuk keperluan sehari-hari dan bahkan dapat pula dijadikan tambahan pendapatan keluarga. Kepala BPTP NTB mengajak kepada seluruh kelompok wanitatani “Melati” untuk memanfaatkan waktu luang untuk hal-hal yang produktif.

Sementara itu, Dr. Moh. Nazam, MSi selaku penanggungjawab kegiatan menyampaikan materi sosialisasi kepada anggota kelompok tentang tujuan dilaksanakannya MKRPL dan kiat-kiat keberhasilan program ini, antara lain pemanfaatan  lokasi halaman rumah semaksimal mungkin dengan menggunakan bahan baku yang ada disekeliling kita sebagai media penunjang.

Materi perencanaan partisipatif disampaikan oleh Dr. Ir. Ketut Puspadi, M.Ed.  Perencanaan partisipatif menggali kebutuhan calon peserta kegiatan MKRPL dan sumberdaya yang dimiliki sehingga dalam pelaksanaannya nanti keterlibatan petani sangat diutamakan sebagai upaya untuk menumbuhkan rasa tanggungjawab dan rasa memiliki.  (Sumber : Prisdiminggo)

Web Analytics