Berita

BPTP NTB Jadi Nara Sumber Pelatihan Teknik Dan Pengemasan Aneka Olahan Produk Pertanian

Pin It

Tim Penggerak PKK (TP-PKK) Kabupaten Lombok Timur mengadakan pelatihan tentang Teknik Pengolahan Pangan, dan Teknik Pengemasan serta Keamanan Pangan. Pada dasarnya mereka telah lama memproduksi aneka makanan khas daerah seperti ciput, kue semprong, ikan asin, dll, akan tetapi mereka masih mengalami permasalahan dalam hal teknik pengolahan pangan yang tepat, pengemasan yang baik serta keamanan bahan pangan. Hal ini yang mendasari ibu TP PKK Kabupaten Lombok Timur untuk mengadakan pelatihan tersebut . Permasalahan ini sering di alami oleh ibu-ibu PKK atau calon pelaku usaha kecil menengah (UKM). Pada hari Selasa, 7 Februari 2012 bertempat di Pendopo Bupati Lombok Timur, pada acara pelatihan yang diadakan satu hari tersebut, BPTP NTB berkesempatan memberikan dua materi yaitu “Teknik Pengolahan dan Teknik Pengemasan Pangan untuk UKM” sedangkan materi tentang “Keamanan Pangan” disampaikan oleh Badan POM Propinsi NTB. Acara ini dihadiri sekitar 30 orang anggota PKK Kabupaten Lombok Timur yang merupakan istri-istri Kepala Dinas dan karyawan di Selong. Melalui pelatihan ini diharapkan para pemilik atau calon Usaha Kecil Menengah (UKM) mengetahui betapa penting memperhatikan teknik pengolahan dan pengemasan yang baik sehingga mereka bisa memilih bahan dan menentukan teknologi yang sesuai serta pengemasan yang tepat berdasarkan produk yang dikemas.

Dengan teknik pengolahan pangan yang tepat pelaku usaha diharapkan mampu memilih dan mengolah bahan pangan dengan tepat sehingga menghasilkan produk makanan yang memiliki nilai gizi serta cita rasa yang tinggi dan mampu bersaing di pasaran. Sedangkan dengan teknik pengemasan yang sesuai diharapkan agar pelaku usaha dapat mengetahui jenis, sifat dan kegunaan pengemasan, sehingga dapat memilih kemasan yang sesuai dengan jenis produk yang mereka kemas dan mampu meningkatkan nilai tambah bagi produk mereka. Sedangkan oleh Balai Besar POM propinsi NTB Penyampaian materi tentang uji keamanan Produk bertujuan memberikan pengetahuan tentang pentingnya keamanan produk baik dari bahan makanan, waktu kadaluarsa sampai cara mendaftarkan nomer produksi dari Depkes sehingga mereka mampu memperluas pemasaran produk mereka.

Setelah pemaparan materi acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab, dimana pada sesi ini para peserta sangat semangat dan antusias bertanya tentang ketiga materi yang telah disampaikan.Pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan merupakan masalah yang sering mereka alami dan temukan pada saat di lapangan. Acara dilanjutkan dengan peragaan kemasan manual oleh Tim BPTP NTB.

Pada akhir acara Ketua dan anggota TP mengemukakan harapannya agar  kedepannya ada keberlanjutan dari pelatihan tersebut sehingga produk mereka mampu bersaing dipasaran dengan pemasaran tidak hanya pada lingkup kelas ekonomi menengah kebawah namun mampu bersaing di level yang lebih tinggi dan mampu menembus pasar di luar kabupaten Lombok Timur bahkan lintas propinsi. (Sumber : Ria Rustiana dan Fitrahtunnisa) .

Web Analytics