Berita

Sosialisasi Dan Workshop Perencanaan Partisipatif MKRPL

Pin It

Sosialisasi dan workshop perencanaan partisipatif Model Kawasan Rumah Pangan Lestari (MKRPL) untuk Kabupaten Lombok Utara telah dilaksanakan di kelompoktani Melet Maju, Dusun Sanggar Sari, Desa Sigar Penjalin,  Kecamatan Tanjung Kabupaten Lombok Utara,  Jumat, 3 Februari 2012. Sebelum acara soialisasi dimulai, terlebih dahulu dilaksanakan pengambilan dokumentasi situasi awal rumah tangga. Selesai sholat jum’at, dilaksanakan sosialisasi yang disampaikan oleh penanggungjawab kegiatan, Dr. Moh. Nazam, M.Si dan dilanjutkan dengan perencanaan kebutuhan petani secara partisipatif yang dipandu oleh Dr. Ir. Ketut Puspadi, M.Ed.

Melihat keberhasilan MKRPL di lokasi lain yang diperlihatkan pada berlangsungnya sosialisai, para peserta langsung tertarik dan antusias untuk melaksanakannya secara partisipatif. Para petani berjanji untuk bersungguh-sungguh dan ingin berhasil sehingga usaha pertanian di pekarangan dapat menambah nilai gizi keluarga, sekaligus meningkatkan pedapatan dan usahataninya.

Sementara itu hasil perencanaan partisipatif, rencana kebutuhan tanaman pada umummnya petani ingin mengembangkan sayur-sayuran seperti : terong, cabe, tomat dan aneka sayuran lainnya. Dibidang peternakan para peserta memilih untuk mengembangkan usaha ternak ayam buras dan kambing.

Pada tahun 2012 ini direncanakan lokasi MKRPL di Provinsi NTB sebanyak  8 lokasi yang tersebar di 8 Kabupaten/Kota.  (Sumber : Prisdiminggo)

Web Analytics