Berita

Inovasi Teknologi Baru Untuk Petani “Sejahtera”

Pin It

Sejahtera adalah salah satu kelompok tani terpilih di Desa Babussalam Kecamatan Gerung Kabupaten Lombok Barat sebagai pelaksana Demfarm Pengelolaan Tanaman Terpadu (PTT) Padi yang dilaksanakan oleh Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) NTB pada musim tanam MH 2011/2012. Pelaksanaan demfarm ini dimulai pada awal bulan Desember 2011 lalu di lahan petani seluas 3,5 hektar.

Kegiatan ini mendapat dukungan yang positif dari Dinas Pertanian, Peternakan dan Perkebunan Kabupaten Lombok Barat dan Badan Pelaksana Penyuluhan B4KKPD setempat. Kegiatan ini melibatkan 9 orang petani kooperator, Peneliti BPTP NTB, Penyuluh BP3K Kecamatan Gerung, PPL dan THL TBPP Desa Babussalam.

Petani yang tergabung dalam Kelompok Tani “Sejahtera“ ini pada awalnya menanam padi secara konvensional yang lebih banyak berdasarkan pada pengalaman yang dimiliki, sehingga kehadiran BPTP NTB dalam memperkenalkan teknologi baru dan hasil pengkajian yang telah dilakukan mampu menggerakkan petani untuk menerapkan komponen paket teknologi yang ada.

Komponen teknologi yang diterapkan dalam pelaksanaan demfarm PTT meliputi komponen teknologi dasar dan pilihan. Komponen teknologi dasar tersebut antara lain: penggunaan varietas unggul baru, benih bermutu atau unggul, pengaturan populasi tanaman, pemupukan berdasarkan kebutuhan tanaman, pengendalian Organisme Pengganggu Tanaman (OPT) dengan pendekatan Pengendalian Hama Terpadu (PHT). Komponen teknologi pilihan yang diterapkan meliputi penggunaan bibit muda dengan jumlah bibit yang ditanam 1-3 batang per rumpun.

Melihat kondisi pertanaman saat ini, petani yang menanam padi varietas Inpari 13 merasakan manfaat dari penerapan teknologi pengaturan populasi tanaman dengan menggunakan jajar legowo 2:1 dan 4:1 yaitu memudahkan dalam pemeliharaan pertanaman dan penggunaan bibit muda dengan jumlah bibit yang ditanam 1-3 bibit dapat menghemat penggunaan bibit tanaman padi.

Semoga kegiatan demfarm yang dilaksanakan ini dapat mendukung program nasional Peningkatan Produksi Beras Nasional (P2BN) di Nusa Tenggara Barat khususnya di Kabupaten Lombok Barat.    (Sumber : Hiryana Windiyani)

Web Analytics