Berita

BPTP NTB Mengembangkan Benih Jagung Komposit Varietas Hanoman di Kebun Percobaan Narmada

Pin It

Jagung bersari bebas atau komposit saat ini sedang menjadi tren di kalangan petani di NTB. Alasan penting yang mendasari adalah budidaya  yang lebih mudah, daya adaptasi yang luas dari lahan subur sampai marginal, umur genjah dan daya hasil cukup tinggi, lebih murah dalam perawatan, dan dapat ditanam berulang-ulang.

Ketersediaan benih varietas unggul tanaman pangan sangat berpengaruh terhadap keberhasilan diseminasi.  BPTP NTB selaku lembaga riset dari Kementrian Pertanian bertugas untuk melakukan percepatan diseminasi mengembangkan  perbanyakan benih jagung komposit varietas Hanoman sebagai benih sumber. Jagung Komposit Varietas Hanoman ini dibudidayakan di Kebun Percobaan Narmada pada lahan seluas ± 25 are, dengan potensi hasil sebesar ± 6 ton/ha.

Penen jagung ini dilaksanakan pada tanggal 27-28 Januari 2012, setelah tanaman berumur ± 100 hari di Kebun Percobaan Narmada, selanjutnya hasil panen akan dilakukan prosesing di Unit Pengelola Benih Sumber (UPBS)  sampai menjadi benih sumber sehingga siap didistribusikan kepada petani.

Penyediaan benih bermutu melalui kerjasama unit-unit BPTP (Kebun Percobaan dan UPBS) yang mudah diakses petani merupakan perwujudan salah satu komitmen BPTP NTB untuk melayani dan meningkatkan mutu produk pertanian di NTB.  (Sumber : Eni F).

Web Analytics