Berita

Dari Panen Padi dan Temu Lapang Demfarm SL-PTT : Bupati Lombok Timur Beli PUTS Untuk Balai Penyuluhan Pertanian

Pin It

Sebagai puncak acara dalam kegiatan Panen Padi dan Temu Lapang Demfarm SL-PTT dilakukan Temu Wicara antara Bupati dengan peserta Temu Lapang. Beberapa penanya berasal dari unsur kepala Desa, petani dan penyuluh yang intinya : menyampaikan terima kasih kepada BPTP dan Instansi terkait yang telah melakukan kegiatan ini sehingga menggairahkan petani untuk menanam padi dengan hasil tinggi, efisien dan saat ini dengan harga yang cukup tinggi. Perbaikan infrastruktur seperti saluran irigasi, jalan usaha tani juga menjadi usulan petani. Para penyuluh mengusulkan peralatan Perangkat Uji Tanah sawah (PUTS) agar dapat dimiliki setiap penyuluh dan penggunaan pupuk kompos produk petani. Dari berbagai masukan, usulan dan pertanyaan tersebut, Bupati mersepon dengan memberikan dana sebesar Rp.25 juta kepada setiap BPP untuk melakukan kegiatan pembuatan kompos dan Rp.1 juta untuk pembelian PUTS.

Sebagai penutup, Bupati menyampaikan tiga point instruksi kepada para penyuluh :

Pertama : Agar para penyuluh yang memang khusus disekolahkan untuk memperdalam bidang pertanian harus selalu lebih pintar dari petani. Untuk itu agar selalu aktif meningkatkan pengetahuan dan keterampilannya dengan cara aktif mengakses sumber teknologi  seperti BPTP, Perguruan Tinggi, Media Massa, Internet dll.

Kedua : para penyuluh bertugas selama 24 jam melayani petani dan berkantor di lahan usaha tani atau di lapangan, aktif mendatangi dan membimbing petani

Ketiga : memperkuat kelembagaan petani, mencari mitra bisnis/peluang pasar dan memperkuat posisi tawar petani.  (Sumber : Achmad Muzani)

Web Analytics