Berita

Peragaan Teknologi Badan Litbang Pertanian pada Temu Kreatif Penyuluh dan Kelompoktani dalam Rangka HUT NTB ke-53

Pin It

Bertempat di BPTHMT (Balai Pengembangan Tanaman  Hijauan Makanan Ternak) Serading, Kabupaten Sumbawa, dilaksanakan Temu Kreatif Penyuluh dan Kelompoktani, Minggu 18 Desember 2011. Acara ini merupakan rangkaian dari peringatan HUT Provinsi NTB ke-53, yang bertujuan untuk menggalang kebersamaan antara kelompoktani dan penyuluh dalam upaya meningkatkan pengetahuan dan kreativitas serta berbagi informasi dibidang pertanian.

Acara dibuka  Gubernur Provinsi NTB yang diwakili oleh Bupati Sumbawa, dihadiri oleh Kepala SKPD Rumpun Hijau Provinsi NTB dan Kabupaten Sumbawa serta 300 orang penyuluh dan kelompoktani se NTB. Dalam sambutannya Bupati Sumbawa kembali mengingatkan bahwa penyuluh harus mengatakan sesuatu dengan baik dan harus mengerjakan lebih baik lagi dari apa yang dikatakan. Hal ini akan dapat dilakukan apabila penyuluh dan kelompoktani secara terus-menerus membekali diri dengan inovasi teknologi yang mampu menjawab tantangan yang dihadapi oleh petani di lapangan.

Pada kesempatan ini diperagakan inovasi teknologi dari tiga kementerian masing-masing dari Kementerian Pertanian, Kehutanan dan Kelautan dan Perikanan. Kementerian Pertanian memperagakan teknologi Feromon-Exi  (alat perangkap berferomon untuk pengendalian hama ulat bawang) oleh Balai  Besar Bioteknologi dan Genetika Pembungaan Mangga diluar musim,  peragaan Perangkat Uji Tanah Sawah (PUTS) dan Perangkat Uji Tanah Kering (PUTK),  peragaan software Kalender Tanam (KATAM) dan peragaan Pembuatan Kelor Mineral Blok  oleh BPTP NTB. Peragaan teknologi yang ditampilkan mendapat perhatian dari  peserta karena materi tersebut dirasakan sangat bermanfaat dan dibutuhkan.  Misalnya teknologi Feromon-Exi  karena khususnya di kabupaten Bima dan Sumbawa merupakan daerah sentra produksi bawang merah dan alat ini dapat diaplikasikan sebagaimana yang telah dilakukan pada kegiatan FEATI BPTP NTB di Kecamatan Sape, Kabupaten Bima. (Sumber : Prisdiminggo)

Web Analytics