Berita

Mendulang Untung Panen Kacang Tanah Varietas Bison

Pin It

Saat panen adalah momen yang paling di nanti oleh para petani. Pada saat tersebut  semua jerih payah merawat tanaman terasa sirna ketika panen tiba.

BPTP NTB melalui kerjasama penelitian luar negeri dengan Australia pada program SMAR/2007/068 sedang melakukan kegiatan penanaman kacang tanah dalam skala luas yaitu seluas 2 Ha di Desa Beber kecamatan Jonggat yang melibatkan 10 petani kooperator. Kelompok tani Onggong Negara I merupakan salah satu kelompok petani kooperator yang mendapat kesempatan untuk menanam kacang tanah varietas unggul baru Bison. Kacang tanah varietas Bison ini memiliki potensi hasil 3.6 ton/ha polong kering dengan umur panen 90-95 hari.

Panen yang dilakukan pada Sabtu, 15 Oktober 2011 berlokasi di lahan petani milik Naswandi yang menanam kacang tanah varietas Bison seluas 30 are. Hasil panen yang diperoleh sebanyak 1.265 kg berat panen dengan harga jual Rp. 3.335,- /kg, sehingga nilai jual panen senilai Rp 4.218.775,-. Petani merasa bersyukur dapat memperoleh hasil yang cukup baik, karena jenis tanaman kacang tanah yang ditanam ini termasuk tahan penyakit karat daun, agak tahan bercak daun dan jamur A. Flavus. Hasil panen yang dihasilkan tersebut akan dijadikan benih pada musim tanam berikutnya di lahan kering.

Semoga harapan petani kacang tanah untuk memperoleh hasil yang tinggi dan dukungan harga pasar yang baik dapat berjalan seiring dengan kerja keras yang telah dilakukan selama ini.    (Sumber : Hiryana Windiyani dan Ahmad Suriadi)

Web Analytics