Berita

Peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS) Ke-31 di Nusa Tenggara Barat

Pin It

Peringatan Hari Pangan Sedunia ke-31 di Nusa Tenggara Barat dilaksanakan di Gedung Graha Bhakti Praja kantor Gubernur Provinsi Nusa Tenggara Barat, Kamis 13 Oktober 2011. Hadir pada peringatan Hari Pangan Sedunia ini antara lain Wakil Gubernur, para Bupati/Wali Kota se Nusa Tenggara Barat, Pimpinan DPRD Provinsi Nusa Tenggara Barat, Kepala Dinas/UK/UPT dan Kelompoktani berprestasi.

Dalam sambutannya Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat, Ir. Badrun Munir, MM mengatakan bahwa pengatan HPS ke-31 tahun ini memiliki arti penting karena Provinsi NTB, Bali dan NTT merupakan daerah koridor V dari MP3EI sebagai pintu gerbang wisata nasional dan NTB juga ditetapkan bersama 11 Provinsi lainnya untuk penghasil pangan nasional.

Ditetapkannya Provinsi NTB sebagai salah satu daerah penghasil pangan nasional karena didukung oleh beberapa hal antara lain : keberagaman iklim, memiliki potensi lahan sawah bukaan baru 42.000 ha dan Indek Pertanaman (IP) yang masih dibawah 2 (1,2 – 1,8). Melalui keragaman iklim akan dapat diusahakan berbagai jenis tanaman pangan, melalui pembukaan lahan sawah diperkirakan mampu meningkatkan produksi. Peningkatan produksi pangan juga akan dapat dicapai dengan optimalkan  IP menjadi 3.

Puncak peringatan HPS tahun 2011 dimeriahkan  dengan Lomba Cipta menu berbahan baku non beras dan non terigu, pameran dan bazar murah, penyerahan hadiah berbagai lomba kelompoktani yang dilaksanakan oleh Dinas dan Instansi terkait. BPTP NTB berpartisipasi mengikuti pameran dan bazar dengan menampilkan materi yang berkaitan dengan tema hari pangan tahun ini yaitu “menjaga stabilitas harga dan akses pangan menuju ketahanan pangan nasional”, dengan menampilkan benih padi yang dihasilkan oleh UPBS dan hasil olahan petani binaan yang berasal dari kegiatan P4MI, Prima Tani dan FEATI. (Sumber : Prisdiminggo)

Web Analytics