Berita

Seminar Kajian Ngengat Parasitoid (Lepidoptera : Epipyropidae) Sebagai Agens Pengendali Hayati Wereng Pucuk Mete, Sanurus spp (Hemiptera : Flatidae )

Pin It

Hama wereng pucuk mete merupakan hama utama dan menimbulkan permasalahan baru dipertanaman jambu mete di pulau Lombok. Berbagai cara telah banyak dilakukan untuk mengendalikan hama wereng pucuk ini salah satu diantaranya menggunakan musuh alami yaitu Lepidoptera Apipyropidae yang meruapakan ngengat parasetoid.

Penelitian ini dilakukan dibeberapa tempat yaitu kecamatan Bayan, Gangga, dan Kayangan, dari tahun 2005 hingga 2007. Hasil penelitian disampaikan dalam seminar di Aula Budidaya Tanaman Fakultas Pertanian Universitas Mataram, September 2011, yang bertindak sebagai moderator seminar ini adalah Dr. Ir. Farid Hemon, MSc. Seminar ini dihadiri sekitar 30 orang yang terdiri atas Dosen Unram, Mahasiswa, Instansi Terkait, Peneliti BPTP NTB.

Pembicara dalam hal ini Dr. Ir Bambang Supeno, MP menyampaikan bahwa penelitian ini termasuk penelitian yang unik dan langka, keunikanya disebabkan karena Ngengat Parasetoid yang ada adalah Ngengat yang memang khas dari Pulau Lombok dan diperkirakan merupakan species yang baru dan langka, disebabkan karena terakhir dilakukan pengkajian terhadap Ngengat ini sekitar tahun 1904 oleh peneliti dari luar.

Dibagian akhir dari kegiatan ini dilakukan diskusi terbuka, salah satu yang menyampaikan diskusi adalah dari Dinas Perkebunan menyampaikan potensi Perkebunan tanaman jambu mente sangat besar akan tetapi tidak mampu berkembang karena desakan kegiatan penambangan emas dan wilayah permukiman yang diperluas. Semoga bermanfaat. (Sumber : Nani Herawati).

Web Analytics