Berita

Menteri Pertanian Panen Kangkung Lombok

Pin It

Dalam rangkaian pembukaan kegiatan GIT, Menteri Pertanian, Dr. Ir. Suswono, M.MA berkesempatan melakukan panen kangkung kualitas ekspor di halaman belakang kantor Dinas Pertanian Peternakan Kabupaten Lombok Barat bersama-sama dengan Gubernur NTB, Wakil Gubernur, Bupati Lombok Barat, Bupati Lombok Timur dan Pejabat dari Kemementerian Pertanian.

Dua varietas kangkung kualitas ekspor yang dipanen menteri adalah varietas Aini dan Nona. Keduanya telah di ekspor ke Australia, Arab Saudi dan Singapura. Dijelaskan oleh Bupati Lombok Barat bahwa areal tanaman kangkung di Kabupaten Lombok Barat seluas 150 ha, dengan produksi 20 ton/musim dan mampu menyerap tenaga kerja sebanyak 54 orang/ha/tahun.

Kangkung Lombok merupakan komoditi sayuran spesifik lokasi karena hanya bisa tumbuh baik dan optimal di daerah Lombok Barat. Saat ini kedua varietas Kangkung Lombok sedang dilakukan upaya untuk mendapatkan hak paten, mengingat kankung Lombok memiliki rasa yang enak, renyah dan khas sehingga mempunyai prospek yang menjanjikan dimasa yang akan datang. Saat ini Pemda Kabupaten Lombok Barat juga sedang menyiapkan rancangan  peraturan daerah untuk penetapan areal  khusus budidaya kangkung.   (Sumber : Prisdiminggo).

Web Analytics