Berita

Kunjungan Peserta Diklat Kewirausahaan Agribisnis Padi bagi Petani ke BPTP NTB

Pin It

Untuk meningkatkan jiwa kewirausahaan petani/kelompok tani/pengurus gapoktan, Balai Diklat Pertanian Provinsi NTB mengadakan diklat Kewirausahaan Agribisnis Padi bagi petani selama 8 hari sejak tanggal 5 – 12 Juni 2011 yang bertempat di Balai Diklat Pertanian NTB., diikuti oleh 30 orang peserta se Provinisi NTB dengan tujuan untuk; meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan perubahan sikap petani/kelompok tani/pengurus gapoktan dalam berwirausaha. Selain itu kegiatan ini juga dapat mendukung program Nasional yaitu P2BN. Kegiatan diklat ini dilaksanakan di dalam kelas dan kunjungan lapangan dengan porsi pembagian waktu masing-masing 50 persen.

BPTP NTB sebagai institusi pemerintah yang focus kegiatannya pada pengkajian dan penelitian mendapat kehormatan sebagai salah satu lokasi kunjungan lapangan peserta diklat.  Peserta diklat langsung diarahkan pada unit-unit pendukung kegiatan pengkajian dan penelitian BPTP NTB seperti, Unit Pengelola Benih Sumber (UPBS). Kunjungan ke UPBS peserta diklat dipandu langsung oleh penanggung jawab UPBS Sabar Untung, SP. Penanggung jawab UPBS menyampaikan langkah-langkah kegiatan menjadi petani/kelompok tani penangkar benih padi, baik dari aspek administrasi, teknis budidaya sampai panennya, maupun pola kemitran dengan pihak lain. Selain itu juga penanggung jawab UPBS menyampaikan juga beberapa varietas unggul padi baru masih tersedia yang sesuai dengan kondisi lahan di NTB.

Para peserta diklat sangat berharap kerjasama dengan BPTP NTB terutama dengan UPSB dalam hal penangkaran benih padi, kiranya BPTP NTB kedepannya dapat langsung membimbing petani/kelompok tani/gapoktan di lapangan untuk usaha perbenihan padi tersebut, baik bimbingan administrasi maupun bimbingan teknis budidayanya., Oleh : Awaluddin


 

 

 

 

 

Web Analytics