Berita

Program FEATI Memberi Warna Baru Bagi Pengembangan Etos Kerja Penyuluh

Pin It

Program FEATI (Farmer Empowerment Through Agricultura Technologi and Information) merupakan salah satu kegiatan yang mendorong petani untuk meningkatkan produksi dan kesejahtraan melalui proses pembelajaran FMA (Farmer Managed Extention Activty) yaitu kegiatan penyuluhan yang dikelola secara mandiri oleh petani.

Kecamatan Lingsar merupakan salah satu lokasi yang telah berhasil mengimplementasikan Program FEATI yang terealisasi dengan  dilaksanakannya salah satu kegiatan kaji tindak  (action research) tanaman hortikultura berupa tanaman cabe merah besar varietas Provit dan tanaman tomat varietas Permata pada lahan seluas ±70 are dengan sistem tumpang sari dengan perbandingan 3 : 1. Sistem yang diterapkan dalam kegiatan kaji tindak tersebut  memberikan pengalaman dan tanggung jawab kepada masing-masing PPL dimana 1 orang PPL bertanggung jawab terhadap  perkembangan 15 bedeng tanaman. Kegiatan ini tentunya akan menuntut kemampuan dan tingkat kinerja masing-masing PPL di lingkup BPP kecamatan Lingsar.

Kegiatan kaji tindak yang dilakukan di BPP Kecamatan Lingsar ini bekerjasama dengan PT SINTA untuk penyediaan obat-obatan. Salah satu tujuan yang ingin dicapai dari kegiatan kaji tindak ini selain meningkatkan kinerja PPL setempat dan  penerapan teknologi budidaya tanaman hortikultura khususnya budidaya tanaman cabe dan tomat adalah untuk memperlihatkan kepada petani sekaligus melaksanakan pengamatan bersama-sama.

Balai Penyuluh Pertanian (BPP) sangat strategis bagi percontohan pengembangan teknologi yang aplikatif ditingkat lapang dalam hal pemanfaatan sumberdaya lokal dan pengembangan pertanian berkelanjutan. Selain dari unsur teknis administratif, BPP juga dapat dijadikan wadah komunikasi, koordinasi dan diskusi petani. BPP merupakan lahan potensial sebagai tempat kaji tindak tanaman unggulan yang berbasis sumberdaya lokal dan memiliki prospek pasar yang baik. Kegiatan kaji tindak yang dilakukan dapat dijadikan percontohan bagi petani dalam mengembangkan usaha tanaman hortikultura selain tanaman pokok.

Pembelajaran agribisnis melalui FMA pada beberapa wilayah binaan BPTP NTB telah menunjukkan perkembangan yang menggembirakan dengan membangun jejaring kelembagaan petani dan mitra usaha dalam pengembangan usahanya, hal ini membutuhkan dukungan semua pihak mengingat cukup banyak program FEATI yang berhasil dan telah dikembangkan oleh masyarakat, khususnya  di NTB. (Hiryana Windiyani & Yuliana Susanti)

Web Analytics