Berita

Sosialisasi E-Form dan Scanner oleh Pusdatin Kementerian Pertanian RI

Pin It

Pada hari Sabtu tanggal 18 Juni 2011, Pusat Data dan Sistem Informasi Teknologi Pertanian (Pusdatin) Kementerian Pertanian RI berkunjung ke BPTP NTB dalam rangka sosialisasi electronic form (e-form)  dan laporan berbasis scanner dalam sistem pelaporan PUAP dari daerah ke pusat.  Hadir dalam kesempatan tersebut Ir. Noer Yudhiono dan Sumarmi dari Pusdatin, sedangkan dari BPTP diwakili oleh Ir. Kukuh Wahyu Wijayanto dan Mardiana, SP serta para PMT se-Pulau Lombok dan perwakilan PMT  dari Pulau Sumbawa.   

Acara sosialisasi tersebut dibuka oleh Ir. Sofyan Souri yang mewakili Kepala Balai.  Ir. Sofyan berharap kegiatan tersebut dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya agar pelaksanaan sistem pelaporan kegiatan  PUAP dapat dikelola dengan optimal.  Acara selanjutnya langsung dipandu oleh Ir. Noer Yudhiono.  Ir. Noer menyampaikan bahwa e-form telah mengalami beberapa penyempurnaan.   Pada awalnya PMT langsung melaporkan kepada pusat,  namun saat ini PMT akan mengirimkan datanya ke BPTP untuk selanjutnya dikompilasi oleh BPTP dan dikirim ke pusat.  Hal tersebut tidak lain dimaksudkan untuk memudahkan PMT dalam melaporkan perkembangan PUAP di daerah dan BPTP  mempunyai database tingkat propinsi. 

Dalam kesempatan tersebut juga disosialisasikan penggunaan scanner sebagai alternatif sistem pelaporan oleh PMT.  PMT dipersilakan untuk memilih sistem yang lebih mudah.  Dalam diskusi PMT menyampaikan bahwa dengan kondisi yang ada akan lebih efektif jika PMT menyampaikan data melalui e-form karena keterbatasan waktu serta jarak yang cukup jauh bila PMT langsung datang ke BPTP untuk menggunakan scanner.

Acara ditutup oleh Ir. Noer Yudhiono.  Semoga dengan acara sosialisasi e-form dan scanner tersebut dapat meningkatkan kinerja semua pihak yang terlibat dalam PUAP dan program PUAP semakin dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.  (Sumber : Mardiana)

Web Analytics