Berita

Aneka Kegiatan Pekan Daerah (PEDA) di Nusa Tenggara Barat

Pin It

Acara Hari kedua PEDA KTNA Tk. Provinsi NTB pada hari Rabu, tanggal 15 Juni 2011, diawali dengan upacara pembukaan Pekan Daerah (PEDA) dengan Tema “Melalui Pekan Daerah (PEDA) dan Pekan Nasional (PENAS) XIII KTNA tahun 2011 kita sukseskan program unggulan PIJAR (Sapi, Jagung, dan Rumput Laut)”. Dalam pembukaan tersebut Gubernur NTB diwakili oleh Sekretaris Daerah Nusa Tenggara Barat. Pada acara pembukaan tersebut Dr. Ir. Mashur, MS sebagai Sekertaris Bakorluh menyampaikan laporan pelaksanaan kegiatan PEDA. Dalam laporannya disampaikan bahwa kuota yang akan berangkat Penas dari NTB awalnya sejumlah 450 orang namun karena minat yang tinggi sehingga jumlah yang berangkat berjumlah 470 orang, yang terdiri dari beberapa unsur yaitu dari petani, pendamping dan peninjau. Acara dilanjutkan dengan Ikrar Penyuluh Se Nusa Tenggara Barat. Ikrar tersebut adalah bertujuan memberikan dukungan penyuluh terhadap program PIJAR di Nusa Tenggara Barat. Sambutan di lanjutkan oleh Sekretaris Daerah Nusa Tenggara Barat, Muhammad Nur, sekaligus melepas kontingen Nusa Tenggara Barat. Dalam sambutannya, beliau mengungkapkan. Adanya pekan daerah ini diharapkan dapat memberdayakan petani dan nelayan dalam mengembangkan sistem serta usaha agribisnis mereka, sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan, membangun kemandirian kelembagaan tani dan nelayan, melalui peningkatan kualitas anggota kelompok. Dengan pengetahuan yang didapat, kelompok tani maupun petani sendiri diharapkan mampu mengembangkan potensi ekonomi desa melalui pengembangan sumber daya pertanian dan penciptaan lapangan kerja. Selain itu, diharapkan juga dapat mewujudkan kelestarian dan ketahanan masyarakat tani dan nelayan di daerah masing-masing.

"Pekan Daerah KTNA merupakan kegiatan pertemuan akbar petani nelayan tingkat Provinsi yang mempunyai arti penting sebagai ajang pengukuran prestasi, juga melakukan kegiatan pembelajaran. Beliau juga memberikan dorongan dan semangat bagi kontingen sehingga nantinya dapat menjadi Duta daerah.

Selesai acara pembukaan selanjutnya peserta berkesempatan meninjau stan pameran dari berbagai instansi yang ada di NTB.  BPTP NTB berperan aktif dalam kegiatan stan pameran dan mengikuti kegiatan Peragaan, Unjuk Tangkas dan Asah Terampil. Peragaan merupakan kegiatan memperagakan atau mendemonstrasikan suatu inovasi atau teknologi baru dibidang pengembangan agribisnis kepada peserta PEDA Petani Nelayan 2011. Unjuk tangkas adalah rangkaian kegiatan lomba ketrampilan dibidang pengembangan agribisnis yang harus diselesaikan secara berurutan, tuntas dalam satu paket. Sedangkan asah terampil merupakan kegiatan yang di perlombakan antar kabupaten se NTB dalam rangka meningkatkan pengetahuan mengasah ketrampilan dan menambah informasi bagi peserta PENAS XIII Petani nelayan 2011.

Kegiatan lain yang dilaksanakan dalam PEDA KTNA Tk. Provinsi NTB antara lain : Gelar dan Temu Teknologi, Kesenian dan Olah Raga. 

(Sumber : Ria Rustia & Farida Sukmawati M).

Web Analytics