Berita

Hari Akreditasi Dunia Jakarta, 9 Juni 2011

Pin It

Dalam rangka memperingati hari Akreditasi Dunia tanggal 9 Juni 2011 yang merupakan sebuah inisiatif global bersama-sama  oleh International Accreditation Forum (IAF) dan International Laboratory Accreditation Cooperation (ILAC) untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya kegiatan terkait akreditasi, Komite Akreditasi Nasional (KAN) telah  menyelenggarakan kegiatan Pertemuan Teknis Peranan Akreditasi Dalam Memfasilitasi Regulasi Teknis.

Acara ini bertujuan untuk meningkatkan komitmen bersama para stakeholder tentang pentingnya akreditasi untuk memfasilitasi regulasi teknis berbasis SNI bagi produk nasional untuk meningkatkan daya sing bangsa Indonesia.

Kegiatan diIkuti oleh 600 peserta yang merupakan perwakilan laboratorium, lembaga inspeksi dan lembaga sertifikasi yang telah diakreditasi oleh KAN serta perwakilan dari regulator dan industri, Dalam kesempatan ini Laboratorium BPTP NTB LP-394-IDN juga turut hadir sebagai implementasi komitmen ISO/IEC 17025;2005.

Ketua KAN dalam sambutanya menekankan kembali tentang pentingnya komitmen bagi peserta untuk melaksanakan fungsinya masing-masing dalam memfasilitasi regulasi yang berbasis SNI yang bertujuan seirama dengan pemerintah untuk meningkatkan daya saing disegala sektor dalam era perdagangan bebas dimasa yang akan segera tiba.

Dalam pertemuan teknis ini dipaparkan makalah utama “Meningkatkan Daya Saing Indonesia Melalui Standarisasi Produk Nasional” dan ditunjang materi dari Kementerian teknis perindustrian dan pertanian serta Badan Pengawaasan Obat dan Makanan. Semua materi  seirama memaparkan  pentingnya akreditasi untuk memfasilitasi regulasi teknis berbasis SNI bagi produk nasional untuk meningkatkan daya sing bangsa Indonesia.

Dengan dilaksanakan pertemuan teknis ini diharapkan laboratorium, lembaga inspeksi dan lembaga sertifikasi yang telah diakreditasi oleh KAN dapat memberikan dukungan nyata dengan meningkatkan komitmen bersama para stakeholder tentang pentingnya akreditasi untuk memfasilitasi regulasi teknis berbasis SNI bagi produk nasional untuk meningkatkan daya sing bangsa Indonesia.

Tema hari akreditasi tahun ini fokus pada bagaimana akreditasi digunakan untuk mendukung pekerjaan Regulator. Secara nasional, ada pengakuan yang lebih besar dari akreditasi, khususnya dari Regulator, yang mengadopsi akreditasi sebagai mekanisme untuk memberikan solusi multi-disiplin yang dapat mendukung atau bertindak sebagai alternatif Legislasi.

Di perdagangan yang kompleks dan sangat kompetitif, kepercayaan diperlukan ketika produk atau jasa yang diperdagangkan antara negara. kepastian tersebut didukung oleh akreditasi. Pemerintah dan Regulator, telah datang untuk menghargai pentingnya program akreditasi yang kredibel yang didasarkan pada standar yang diakui secara internasional. Dengan anggaran terbatas, banyak Regulator tidak bisa lagi melakukan semuanya sendiri dan mereka harus mengandalkan organisasi pihak ketiga untuk mendukung tujuan peraturan mereka. Ketika mereka melakukannya, mereka membutuhkan dasar yang adil dan bermakna untuk mengidentifikasi penyedia berkualitas dan kompeten. Akreditasi menyediakan deklarasi kompetensi ini .

Pengaruh dan penggunaan akreditasi terus tumbuh di berbagai bidang kebijakan ekonomi dan domestik. Hal ini disorot dalam survei dari keanggotaan ILAC tahun 2010, yang menetapkan penggunaan tumbuh akreditasi oleh Regulator di semua 55 negara yang menanggapi.Namun, masih banyak lagi bidang kebijakan yang akreditasi dapat terlibat sebagai alternatif dengan peraturan beberapa diantaranya dari kesehatan, manajemen kesehatan – keselamatan kerja, pendidikan, dan pengelolaan limbah.

Hari Akreditasi Dunia memberikan kesempatan yang baik bagi masyarakat akreditasi untuk memperluas pengaruh dan menunjukkan bagaimana akreditasi dapat diterapkan untuk berbagai penilaian, persetujuan atau tugas evaluasi yang dapat digunakan untuk mengatasi berbagai persyaratan Peraturan.

Materi lengkap dari kegiatan pertemuan teknis ini dapat diakses langsung melalui https://sites.google.com/site/hariakreditasidunia/ (Sumber : Sudjudi)

Web Analytics