Berita

Praktek Kerja Lapang (PKL) Analis Kesehatan Poltekes Mataram

Pin It

Menindaklanjuti surat permohonan Ketua Jurusan Analis Kesehatan Poli Teknik Kesehatan Mataram untuk mengajukan kesediaan menerima mahasiswanya melaksanakan Praktek Kerja Lapang di Laboratorium Non Klinis; maka sebagai bentuk pengabdian Laboratorium Pengujian BPTP NTB dibidang pendidikan telah bersedia menerima dan memfasilitasi PKL terhadap 10 mahasiswa Analis Kesehatan Poltekes Mataram. PKL dilaksanakan selama 12 hari yang dimulai dari tanggal 16 Mei sampai dengan 28 Mei 2011.

Tujuan dari pelaksanaan PKL ini adalah untuk memberikan kesempatan pengalaman belajar dan ketrampilan kepada mahasiswa agar mampu menerapkan ilmu yang didapatkan dari bangku kuliah, serta memperoleh hasil yang efisiean, efektif dan optimal dalam proses analisis di laboratorium dan manajemen laboratorium.

PKL ini sudah yang kedua kali dilaksanakan di Labratorium Pengujian BPTP NTB. Ini merupakan apresiasi dari masyarakat kampus tentang kompetensi Laboratorium Pengujian BPTP NTB.

Materi yang dipelajari mahasiswa selama kegiatan magang adalah 30 % teori dan 70 % praktek langsung. PKL dibimbing oleh Penanggungjawab Laboratorium dan Analis, meliputi materi :

1.    Manajemen Laboratorium

2.    Registras Contoh

3.    Prosesing Contoh

4.    Analisis Tanah (pH, Tekstu, N-Total, C-Organik, P dan K)

5.    Analis Pupuk Organik (pH, N,P,K,Fe,C-organik)

6.    Analisis Kwalitas Air (pH, TSS, TDS, Unsur Makro dan Mikro)

7.    Prosesing data 

Umpan balik yang diterima dari kegiatan PKL ini mahasiswa dan pihak kampus menyampaikan penghargaan atas kesediaanya untuk memfasilitasi pelaksanaan PKL ini. Banyak pengalaman baru yang didapatkan di laboratorium yang sebelumnya belum diterima dikampus.

Atas nama Institusi, Manajemen Laboratorium juga menyampaikan terimakasih atas kepercayaan Poltekes untuk menjadikan Laboratorium Pengujian BPTP NTB sebagai lahan Praktek Kerja Lapang mahasiswanya dan semoga apa yang diperoleh selama PKL dapat meningkatkan pengalaman dan ketrampilan keahliannya dibidang analis dan berguna bagi mahasiswa khususnya dan masyarakat kampus umumnya. Semoga.. (Sumber : Sudjudi)

 

Web Analytics