Berita

Pertemuan Koordinasi Perencanaan dan Evaluasi Kegiatan FEATI Kabupaten Lombok Barat

Pin It

Pertemuan  koordinasi kegiatan FEATI Kab. Lombok Barat dilaksanakan pada tanggal 21 April 2011 di aula BPTP NTB. Undangan yang hadir dalam pertemuan koordinasi di kab.Lombok Barat adalah dari : Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kab.Lombok Barat, BPSP Kab. Lombok Barat, Bagian Ekonomi Pemda Kab. Lombok Barat dan tim managemen dari BP4KKPD Kab. Lombok Barat. Acara pertemuan Koordinasi di buka oleh Kepala BPTP NTB, Dr. Ir. Dwi Praptomo, MS. Dalam sambutannya disamapaikan bahwa kegiatan ini telah  laksanakan untuk kabupaten lainnya.

Kepala BPTP NTB mengharapkan melalui kegiatan ini dapat disinergikan program FEATI yang ada di BPTP dengan  program-program yang ada  di pemda kab.Lombok Barat maupun dinas instansi terkait lainnya. Tidak lupa pula disampaikan bahwa untuk pencapaian indikator keberhasilan FEATI merupakan tugas semua komponen yang terlibat dalam program FEATI, yaitu komponen A,B,dan C.

Dalam pertemuan ini disampaikan hasil-hasil kegiatan FEATI BPTP NTB yang telah dilaksanakan tahun 2010 dan rencana kegiatan FEATI BPTP NTB tahun 2011. Hal yang sama juga disampaikan oleh Tim managemen FEATI kab. Lombok Barat, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Nusa Tenggara Barat, dan BPSB kab.Lombok Barat untuk menyampaikan program tahun 2010 dan pelaksanaan tahun 2011.

Tim BPTP NTB menyampaikan keberhasilan FEATI yang telah dilaksanakan oleh Kab.Lombok Barat yang dikoordir oleh BP4KKPD kab. Lombok Barat agar ditingkatkan dan dipertahankan. Komoditi-komoditi hasil usaha tani hasil pembelajaran FMA yang dilaksanakan dalam prog.FEATI kab.Lombok barat yang telah berhasil agar dapat di kembangkan dalam skala luas. Salah satu Komoditi yang sangat potensial dan memiliki harga tinggi seperti ayam kampung/buras merupakan komoditi yang sangat baik untuk dikembangkan karena memiliki permintaan pasar yang sangat tinggi di kab.Lombok Barat, walaupun pada saat ini belum dapat dipenuhi sesuai kebutuhan pasar. Selain itu program – program dari Dinas Peternakan Prov.NTB juga akan sangat mendukung karena program yang dilaksanakan banyak juga untuk penggembangan ayam buras baik yang di laksanakan melalui program SMD maupun program lainnya.

Hasil Pembelajaran petani FMA yang telah sukses lainnya di kab.Lombok Barat adalah Perbenihan Kedelai yang dilaksanakan di Desa Beleke, merupakan salah satu hasi uji coba/demontrasi Program FEATI BPTP NTB tahun 2009/2010 yang juga sangat selaras dan sinergis dengan kegiatan/atau program nasional maupun program kementrian pertanian. Diharapkan keberhasilan ini mendapat dukungan dari dinas instansi terkait (BPSB) untuk dapat memberi fasilitasi dalam sertifikasi maupun pelabelan benih kedelai. Dalam pertemuan ini disampaikan pula bahwa BPSB akan selalu memberi dukungan dan fasilitasi untuk suksesnya program FEATI di Kab.Lombok Barat sesuai dengan prosedur yang ditetapkan oleh dinas pertanian provinsi dalam sertifikasi benih.

Rumusan hasil pertemuan koordinasi ini akan secepatnya disusun dan disampaikan kepada dinas dan instansi terkaitlainnya dalam upaya mensinergiskan kegiatan-kegiatan FEATI dengan program pemda kab.Lombok Barat. (Sumber : Nurul Agustini)

Web Analytics