Berita

BPTP NTB Sebagai Tempat Orientasi CPNS Bakorluh Provinsi NTB

Pin It

BPTP NTB sebagai salah satu lembaga penelitian dan pengakajian yang merupakan unit pusat yang berada di daerah dijadikan salah satu tempat orientasi Calon Pegawai Negeri Sipil Provinsi NTB tahun 2010 yang ditempatkan pada Sekretariat Badan Koordinasi Penyuluhan Pertanian, Peternakan, Perikanan dan Kehutanan Provinsi NTB yang berlangsung selama 3 hari, Agustus tanggal 26, 28 dan 29 Maret 2011.

Orientasi CPNS PROVINSI NTB yang ditempatkan pada pada BAKORLUH NTB berjumlah 9 orang dengan berbagai disiplin ilmu pengetahuan, orientasi yang berlangsung selama 3 hari yang diterima oleh Kepala Seksi Kerjasama dan Pelayanan Pengkajian PBTP NTB (Ir. Prisdiminggo), dan Ir. H. Noor Inggah. Ir. Prisdiminggo menyampaikan struktur organisasi BPTP NTB dan hasil-hasil penelitian, pengkajian yang sudah dikerjakan, maupun yang  sedang dikerjakan oleh BPTP NTB, baik yang bersumber dana dari APBN maupun kerjasama dengan pihak luar dan Pemerintah Australia. Selain itu para CPNS dibawa melihat kegiatan pada unit-unit yang mendukung kegiatan pengkajian dan penelitian BPTP NTB seperti, Unit Laboratorium, Kebun Percobaan, Unit Pengelola Benih Sumber (UPBS) dan Perpustakaan elektronik serta para  CPNS mendapatkan penjelasan dari masing-masing penanggung jawab bagian/unit tersebut tentang tugas dan fungsi  masing-masing unit tersebut.

Tujuan dari orientasi ini untuk meningkatkan pengetahuan para CPNS bidang  penyuluhan dilingkup Sekretariat BAKORLUH NTB, membuka wawasan bidang pertanian, khusunya  teknologi  baru yang  belum diketahui dan belum sampai ke petani/masyarakat pengguna  yang nantinya akan menjadi tugas dan tanggung jawab para CPNS  untuk menyampaikan, menyebar luaskan informasi tersebut ke pengguna sehingga petani/masyarakat  dapat meningkatkan produksi dan pendapatnya serta dapat mengevaluasi sendiri teknologi yang sesuai dengan kondisi lingkungannya.

Selama melaksanakan orientasi pada BPTP NTB, CPNS dari BAKORLUH NTB merasa sangat beruntung karena banyak menimba ilmu pengetahuan dan teknologi pertanian yang selama ini tidak didapatkan dan belum pernah para CPNS tersebut praktekkan ke petani/pengguna, disamping itu harapan para CPNS tersebut kiranya BPTP NTB kedepan masih perlu melakukan sosialisasi terutama hasil-hasil penelitian, pengkajian yang sudah dihasilkan dan selalu mendekatkan diri dengan petani/pengguna.

Semoga oreintasi ini menjadi awal hubungan silaturrahim yang saling mendukung kedepannya dalam rangka peningkatan pengetahuan para CPNS di Bakorluh Provinsi NTB. (sumber: Awaluddin)

Web Analytics