Berita

Pertemuan Koordinasi Perencanaan dan Evaluasi Kegiatan FEATI Tingkat Kabupaten Bima

Pin It

Tujuan dari kegiata ini adalah :  Mensinkornkan dan mensinergikan kegiatan FEATI yang ada di BPTP NTB dengan Kabupaten sehingga kedepannya diharapkan program FEATI dapat berkesinambungan.  Langkah awal dalam pelaksanaan kegiatan ini adalah mengevaluasi kegiatan tahun sebelumnya (2010) ditingkat lapang. Hasil evaluasi yang dilaksanakn ditingkat lapang tahun 2010 baik hasil demontrasi dan pendampingan lainnya disampaikan dalam forum koordinasi dimasing-masing kabupaten. Selain hasil-hasil yang telah dilaksanakan tahun sebelumnya dalam pertemua ini juga disampaikan rencana kegiatan FEATI  yang akan dilaksanakan tahun 2011 baik oleh BPTP NTB maupun oleh Kabupaten. Dari hasil pertemuan ini dibuat suatu kesepakatan atau rumusan, hasil kesepakatan atau rumusan tersebut akan  disampaikan oleh BKP4 (yang memfasilitasi untuk menyebarkan/menyampaikan) kepada dinas dan instansi  terkait untuk dapat direspon dan di bahas dalam musrenbang tingkat kabupaten. Diharapkan hasil-hasil yang telah dicapai dan diperkirakan sangat potensial dapat direspon dan kabupaten dapat mengembankan dalam skala luas. Salah satu kegiatan FEATI Kabupaten yang dapat mendukung penggembangan yang lebih luas oleh pemda kabupaten adalah kegiatan Scaling UP dengan komoditas yang potensial dan mendukung program strategis Kementrian pertanian.

Pelaksanaan koordinasi di Kabupaten Bima dilaksanakan pada tanggal 12 Maret 2010 di aula BKP4 Kabupaten Bima. Peserta undangan yang hadir dalam pertemuan koordinasi di kabupaten Bima adalah dari : Bappeda Kabupaten Bima, Dinas Pertanian Kabupaten Bima, BPSP, dan dari BKP4 kabupaten Bima. Acara pertemuan di buka oleh Kepala BKP4 yang diwakili oleh Kepala Bid Penyuluhan Pertania. Dismapaikan oleh beliau dari hasil revieu Bank dunia bahwa di kabupaten Bima  hasil capaian komponen C sebesar 71,7% paket teknologi BPTP pada kegiatan FMA diadopsi oleh kelompok tani melalui penilaian secara berkala, dan  74,6% Pihak  penerima teknologi puas terhadap pelayanan penelitian dan  pengembangan teknologi.  Dari hasil capaian tersebut bahwa pelaksana FEATI/kelompok pelaksana FEATI telah merespon walaupun hasil capaian tersebut belum maksimal.

Dengan demikian hasil capain tersebut sudah sesuai dengan target indikator yang ditetapkan oleh pihak pusat. BKP4 mengharapkan dari capaian tersebut BPTP dapat membantu untuk merancang  apa yang harus dilaksanakan  dan sisi mana harus diperbaiki, sisi mana yang harus tingkatkan dan dipertahankan.

Dari hasil evaluasi di tingkat lapang oleh BPTP  bahwa  kabupaten Bima diidentifikasikan mempunyai 2 keunggulan  komparatif yang pertama adalah Kedele dan kedua adalah bawang merah. Kedua komoditi tersebut telah dikembangkan melalui model perbenihan. Di desa Nggembe melalui model perbenihan kedele dan di desa Lido dengan perbenihan Bawang merah.

Hasil Rumusan Koordinasi Tingkat Kabupaten Bima :
  1. Peserta pertemuan koordinasi berkomitmen mendukung program FEATI sesuai tupoksi masing-masing, antara Lain :
  • Bappeda   : Aspek penganggaran sharing program
  • Distan        : Menampung benih hasil produk FMA
  • BPSP         : Fasilitasi proses penangkaran benih petani FMA  
  1. Untuk mendukung komiten di atas,  peserta pertemuan mengharapkan kepada BPTP untuk dapat menindaklanjutinya pada forum musrenbang tingkat propinsi
  2. Dinas Pertanian siap untuk memfasilitasi pengebangan bawang merah, kedelai dan padi salin (Var. Mandawa dan Banyuasin)
  3. Hasil uji coba benih di tingkat FMA, siap untuk ditapung/dibeli oleh Dinas Pertani
  4. Untuk bahan informasi bagi peserta, pelaksana program FEATI diharapkan menginventarisir desa-desa penyedia benih hasil kegiatan FMA.

(Sumber : Nurul Agustini)

Web Analytics