Berita

Kemitraan BPTP NTB dengan Kelompok Tani dalam Percepatan Penyebaran VUB Padi

Pin It

Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Nusa Tenggara Barat mendapatkan mandat untuk mempercepat proses diseminasi/penyebaran teknologi yang dihasilkan oleh Badan Litbang Pertanian, seperti Varietas Unggul Baru (VUB) Padi. Dalam pelaksanaannya, Unit Pengelola Benih Sumber (UPBS) BPTP NTB menjalin kemitraan dengan kelompok tani dalam memproduksi benih unggul padi yang berlabel sehingga diharapkan proses penyebaran VUB Padi ke petani menjadi lebih cepat. Salah satu kelompok tani yang telah menjalin kemitraan dengan UPBS BPTP NTB adalah Kelompok Tani Aneka Tani di Desa Beleka, Kecamatan Gerung, Kabupaten Lombok Barat. Kelompok Tani ini telah bermitra dengan UPBS BPTP NTB selama tiga musim tanam dan telah mampu memproduksi benih berlabel. Kegiatan kemitraan yang juga didukung oleh kegiatan FEATI ini telah mendapat apresiasi dari Kepala BPTP NTB, Dr. Ir. Dwi Praptomo MS., yang berkunjung langsung ke Desa Beleka Kecamatan Gerung  Kabupaten Lombok Barat pada tanggal 2 Maret 2011.

Dalam kesempatan kunjungan tersebut, Dr. Dwi Praptomo, menekankan akan pentingnya kemitraan antara kelompok tani dengan BPTP NTB, sehingga kelompok tani dapat memproduksi benih yang berlabel dan bisa dijual dengan harga yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan benih yang tidak berlabel. Lebih lanjut Kepala BPTP NTB menyampaikan bahwa kegiatan FEATI yang dilaksanakan oleh BPTP NTB menekankan pada perlunya inovasi teknologi dan informasi bagi petani. Dengan adanya teknologi-teknologi baru dari BPTP NTB, dan dengan adanya informasi yang cepat tersampaikan ke petani, diharapkan akan mampu memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi petani, misalnya dengan teknologi perbenihan VUB Padi dan adanya informasi pasar yang dibutuhkan oleh petani dalam rangka meningkatkan pendapatan usaha taninya.

Pertemuan yang berlangsung dalam suasana akrab tersebut diakhiri dengan kegiatan roughing pada lahan yang ditanami VUB padi untuk memproduksi benih. Kegiatan roughing  ini merupakan bagian yang sangat penting dalam memproduksi benih supaya diperoleh benih yang kemurniannya bisa terjamin dan tidak tercampur dengan varietas yang berbeda. (Sumber : Baiq Nurul Hidayah)

Web Analytics