Berita

SMK Maraqit Ta’limat Sembalun Praktek Kerja Lapangan di Kebun Percobaan Sandubaya

Pin It

Untuk kedua kalinya sebanyak 16 orang siswa Sekolah Menengah Kejuruan Maraqit Ta’limat (SMK MT) Sembalun Bumbung, Kecamatan Sembalun Kabupaten Lombok Timur melakukan Praktek Kerja Lapangan (PKL) di Kebun Percobaan Sandubaya selama 3 bulan. Tahun 2010 SMK-MT juga melaksanakan hal yang sama di Kebun BPTP NTB.

Menurut Yahmin selaku penanggung jawab visitor plot lahan kering KP. Sandubaya, para siswa yang melaksanakan praktek dilibatkan dalam usahatani lahan kering sesuai kalender kegiatan yang ada di kebun Sandubaya. Saat ini aktivitas di kebun Sandubaya adalah perawatan tanaman jagung dalam fase generatif 70 hari setelah tanam. Direncanakan awal bulan Maret 2011 aktivitas KP. Sandubaya difokuskan pada penanaman kacang tanah, pemeliharaan dan penggemukan kambing. Untuk menunjang aktivtas para siswa, Kepala Kebun Sandubaya, Suparjan, mengatakan para siswa disediakan tempat pemondokan yang sederhana di Mess KP. Sandubaya.

Untuk lebih terarahnya pelaksanaan di lapangan siswa yang mengikuti PKL ini akan dibagi menjadi 2 kelompok, yaitu Kelompok Tanaman dan Peternakan. Setiap kelompok dibimbing oleh seorang teknisi. Materi yang diberikan disesuaikan dengan aktivitas-aktivitas pada masing-masing kegiatan. Setiap dua minggu siswa akan dipindahkan ke kelompok lainnya sehingga seluruh siswa mengetahui dan memahami banyak hal. Secara garis besar siswa akan di perkenalkan dengan proses budidaya jagung, kacang tanah dan pemeliharaan ternak kambing, teknologi pembuatan kompos dan lain-lain.  (Sumber : Prisdiminggo)

 

 

Web Analytics