Berita

Workshop Pemantapan Pengembangan Sistem Pertanian Terpadu Lahan Kering Iklim Kering (SPT-LKIK) di Mataram

Pin It

Untuk mengevaluasi pelaksanaan pilot project 2010 dan pemantapan rencana kegiatan tahun 2011, Balai Besar Litbang Sumberdaya Lahan Pertanian menyelenggarakan kegiatan Workshop Pemantapan Pengembangan Sistem Pertanian Terpadu Lahan Kering Beriklim Kering (SPTLKIK) yang dilaksanakan pada tanggal tgl 16-18 Februari 2011 bertempat di Hotel Santosa, Senggigi di Mataram Nusa Tenggara Barat.

Acara pembukaan Workshop diawali dengan Laporan dari Ketua Panitia Penyelenggara Dr. Sri Rochayati (Kepala Balittanah). Kegiatan ini diikuti oleh instansi terkait lingkup Badan Litbang Pertanian yaitu Balai Besar Litbang Sumberdaya Lahan Pertanian (BBSDLP), BBP2TP, Puslitbangtan, Puslitbangbun, Puslitbangnak, BB Mektan, BB Padi, BB Pasca Panen, PSE/KP, BPTP NTB dan BPTP NTT, serta Pemda Provinsi NTB (Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura, Dinas Perkebunan, Dinas kehutanan, Dinas PU, Dinas Peternakan, Bakorluh) dan Dinas Pertanian NTT. Jumlah peserta  yang dihadiri oleh 40 peserta workshop yang berasal dari pejabat struktural, peneliti, dan nara sumber lingkup Badan Litbang Pertanian, serta peserta dari Pemda Provinsi NTT dan NTB.

Kepala Balai Besar SDLP Dr. Muhrizal Sarwani yang membuka Acara Workshop SPTLKIK menyampaikan untuk mewujudkan revitalisasi dan peningkatan produksi pertanian di lahan kering beriklim kering, sejak awal tahun 2009 Badan Litbang Pertanian telah meluncurkan kegiatan pengembangan system pertanian terpadu lahan kering beriklim kering (SPTLKIK). Sebagai langkah awal kegiatan pengembangan SPTLKIK, telah dibangun suatu pilot project sebagai show window di kebun Percobaan Naibonat BPTP NTT. Pada tahun 2011, kegiatan tersebut akan dikembangkan di Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Kepala BBSDLP menyampaikan bahwa tujuan di laksanakan Workshop SPTLKIK ini adalah untuk mengevaluasi perkembangan kegiatan system pertanian terpadu lahan kering beriklim kering (SPTLKIK) tahun 2010, dan untuk mensinkronkan kegiatan SPTLKIK dengan Ditjen Prasarana dan Sarana Pertanian dan Pemda NTB dan NTT, dan membahas rencana kerja (padu padan) pengembangan SPTLKIK untuk tahun 2011 baik di lokasi lama maupun lokasi baru

Di hari kedua kegiatan Workshop SPTLKIK, peserta diajak untuk mengunjungi  calon lokasi baru pengembangan SPTLKIK di Desa Persiapan Puncak Jeringo, Kecamatan Suela, Kabupaten Lombok Timur Nusa Tenggara Barat.   (Sumber : Farida Sukmawati M).

Web Analytics