Berita

SEMINAR Phytoremediation on Artisanal Mining Area

Pin It

Phytoremediation on Artisinal mining area adalah ide besar yang di paparkan oleh Dr.Christoper Anderson yang berisi bagaimana kita dapat memperbaiki/merehabilitasi lingkungan disekitar daerah penambangan dengan jalan melakukan penelitian untuk mencari tumbuhan yang bisa memperbaiki lingkungan penambangan yang selama ini sudah tercemar oleh logam-logam berat seperti merkuri. Seminar ini dilaksanakan di Aula  Seminar Budidaya Tanaman Fakultas Pertanian Universitas Mataram tanggal 26 Januari 2011. Yang bertindak sebagai moderator seminar ini adalah Prof. Dr. Mansyur Ma’sum,  PhD. Seminar ini dihadiri sekitar 30 orang yang terdiri atas Dosen Unram, Mahasiswa, Instansi Terkait, Peneliti BPTP NTB.   

Pembicara, dalam hal ini Dr. Christoper Anderson mengharapkan kerjasama dalam melaksanakan ide besar ini. Kerjasama dalam melaksanakan ide ini dilakukan diantara beberapa Universitas yaitu Universitas Mataram, Universitas Brawijaya Malang, Chinese Academy of Scienses, dan Massey University (New Zealand).

Propinsi Nusa Tenggara Barat adalah daerah penghasil tambang emas. Dalam operasionalnya Menurut Dr.Christoper Anderson dilakukan di wilayah Sekotong Lombok Barat dan Wilayah Kabupaten Sumbawa . Kegiatan penambangan di wilayah ini sedikit tidak memiliki dampak bagi daerah disekitar wilayah penambangan, terutama bagi sumber daya lahan pertanian, sosial,ekonomi, kesehatan dan lingkungan. Untuk Meminimalkan akibat yang ditimbulkan dari kegiatan penambangan maka ide besar ini telah dikemukakan dalam seminar ini, semoga bermanfaat.  (Sumber : Nani Herawati, Yuli Yarwati, Ria Rustiana).

Web Analytics