Berita

Tiga Orang Alumni SPP Negeri Mataram Magang Agribisnis Perbenihan Padi di UPBS BPTP NTB

Pin It

Tiga orang alumni siswa Sekolah Pembangunan Pertanian (SPP) Negeri Mataram sejak pertengahan bulan Januari 2011 melaksanakan magang dalam mengelola agribisnis perbenihan padi di UPBS BPTP NTB. Ketiga alumni SPP Negeri Mataram tersebut mendapat modal dari Badan SDM Kementerian Pertanian sebesar Rp.18 juta rupiah untuk dikelola selama tiga tahun dan diharapkan setelah jangka waktu tersebut usahanya berkembang dan modal yang diberikan dapat digulirkan kepada alumni lainnya.

Menurut Sabar Untung, SP, selaku penanggungjawab UPBS BPTP NTB ketiga mantan siswa SPP N Mataram ini akan dilibatkan langsung dalam bisnis benih dengan modal yang dimiliki. Lebih jauh dijelaskan Sabar Untung, mereka akan diperkenalkan  dengan pengelolaan bisnis perbenihan melalui dua cara yaitu langsung belajar produksi benih dari proses budidaya di lapangan dan mengelola lahan sewaannya maupun melalui pembelian kup calon benih kepada mitra UPBS BPTP NTB (para penangkar benih padi)

Dua cara pengelolaan agribisnis para siswa ini dalam waktu 2 tahun diharapkan terampil dalam melakukan usaha bisnis benih karna mereka langsung sebagai pelaku dalam menjalan usaha perbenihan mulai dari persipan lahan, melakukan budidaya padi, memproses calon benih serta didampingi setiap tahapan dalam pengurusan sertifikasi benih dengan pihak BPSB. Selain itu mereka akan diberikan pemahaman untuk melakukan penelusuran ke petani-petani terhadap benih yang disenangi untuk ditanam secara luas.

Mudah-mudahan ketiga alumni SPP Mataram ini (Nursafaqiah layli, Sri Wahyuni dan Fatmawaty) berhasil jadi penagkar benih dan pengusaha muda. Amin……(Prisdiminggo)

Web Analytics