Berita

Bupati Bima Hadiri Gelar Teknologi Manajemen Pemeliharaan Sapi Bali Berbasis Sumberdaya Lokal

Pin It

Kedatangan Bupati Bima, Ferry Zulkarnain ST pada acara Gelar Teknologi Manajemen Pemeliharaan Sapi disambut meriah oleh petani dan masyarakat Desa Mpuri, Kecamatan Madapangga, Kabupaten Bima, Sabtu 18 Desember 2010. Gelar teknologi yang mengusung tema “Pemanfaatan Sumberdaya Lokal sebagai Pakan Ternak” ini dihadiri oleh segenap pejabat lingkup Dinas, SKPD, kelompoktani dan para SMD yang berasal dari Kabupaten Bima, Dompu dan Kota Bima, diawali dengan sambutan kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Nusa Tenggara Barat (BPTP NTB), Dr. Ir. Dwi Praptomo S., MS. Dalam kata sambutannya Dr. Dwi Praptomo S., MS mengatakan, BPTP NTB selaku UPT Badan Litbang di daerah ini selalu berupaya menghasilkan terobosan dan inovasi teknologi di bidang pertanian. Lebih lanjut dikatakannya pendampingan teknologi dilakukan pada program strategis Nasional seperti Program Swasembada Daging Sapi (PSDS) dan Sekolah Lapang Pengelolaan Tanaman Terpadu (SL - PTT) Padi, Jagung dan Kedelai.

Pada pengarahannya Bupati Bima, Fery Zulkarnain ST, menyambut gembira adanya kegiatan gelar teknologi berbasis sumberdaya lokal ini, dimana BPTP NTB telah memberikan inovasi teknologi dengan memanfaatkan tanaman Kelor sebagai alternatif pakan ternak dan pembuatan KMB (Kelor Mineral Blok). “Selama ini tanaman Kelor hanya digunakan sebagai sayuran oleh masyarakat di Bima, dengan dimanfaatkannya Kelor sebagai pakan ternak dimasa yang akan datang, petani tidak kesulitan lagi dalam pemenuhan pakan bagi ternaknya”, ujar Ferry menambahkan.

Pemerintah Kabupaten Bima, ujar Ferry, cukup fokus dalam mendukung program pengembangan Peternakan yang didanai dari APBD Bima. Dukungan itu diwujudkan melalui program pengembangan sapi Bali setiap tahunnya. Pada tahun 2010 tersedia dana Rp. 4 miliar, tahun 2011 akan disalurkan sebanyak Rp. 5 miliar yang diberikan berupa 3 ekor sapi (2 ekor jantan, 1 ekor betina) kepada kepala keluarga (KK) terseleksi yakni rumahtangga miskin, rumahtangga sangat miskin dan rumah tangga yang akan miskin.

Pada acara kunjungan ke stand pameran mini BPTP, Bupati Bima cukup terkesan dengan produk yang ditampilkan antara lain: VUB Padi, Telur Itik MA, telur Ayam Arab dan Kelor Mineral Blok. Pada saat kunjungan lapangan yang dipandu oleh Dr. Tanda Panjaitan, Bupati Bima secara simbolis memberikan Kelor (parongge’) sebagai pakan kepada ternak sapi dan berkunjung ke kebun HMT yang ditanami Kelor, Mullato dan Setaria. (Prisdiminggo)

 

 

Web Analytics