Berita

Kunjungan Penyuluh Pertanian Provinsi Bali, NTT dan NTB ke Kebun Percobaan dan UPBS BPTP NTB

Pin It

Peserta pelatihan yang dilaksanakan oleh Balai Besar Pendidikan Latihan Ternak Kupang, dan Balai Pendidikan  Latihan Pertanian Nusa Tenggara Barat mengadakan kunjungan lapangan ke Kebun dan UPBS BPTP NTB pada hari Minggu, 5 Desember 2010 dan Rabu, 8 Desember 2010 masing-masing sebanyak 120 orang dan 30 orang. Maksud kedua kunjungan tersebut untuk menambah wawasan dan keterampilan para penyuluh di bidang pertanian dan peternakan.

Pada kunjungan pertama, materi yang ditampilkan berkaitan dengan hasil-hasil yang diperoleh selama latihan oleh peserta pelatihan antara lain demonstrasi pembuatan kompos dari kotoran ternak, pengenalan peserta pada berbagai jenis Hijauan Makanan Ternak (HMT), biogas dan pengolahan limbah (urin) sebagai pupuk cair. Para Penyuluh merasa puas dengan materi yang ditampilkan maupun penjelasan yang diberikan oleh peneliti/penyuluh dari Kelji Peternakan yang di koordinir Ir. Achmad Muzani. Selain materi tersebut para penyuluh juga menyempatkan berkunjung ke usaha peternakan lahan sempit yang menampilkan pemeliharaan kambing, ayam arab dan itik MA.

Kunjungan berikutnya adalah dari para peserta pelatihan Diklat Teknis Pertanian Padi Penyuluh PNS dan THL se Provinsi  NTB yang diselenggarakan oleh Balai Diklat Pertanian Mataram. Objek yang dikunjungi adalah UPBS padi, diterima oleh penanggung jawab UPBS BPTP NTB, Sabar Untung, SP. Dijelaskannya bahwa UPBS BPTP NTB berupaya mendiseminasikan VUB padi yang terbaru melalui pengenalan kepada penangkar-penangkar yang dijadikan mitra. Penyuluh yang berasal dari berbagai BPP di Nusa Tenggara Barat sangat antusias terhadap penjelasan yang diberikan, terutama proses penyiapan benih yang dilaksanakan oleh UPBS BPTP NTB dan kemungkinan kerjasama yang diusulkan untuk mendiseminasikan beberapa VUB padi yang belum banyak diketahui oleh petani dan masyarakat umum lainnya. Menurut Ir. Ribut Suryanto, MP selaku ketua pelaksana latihan dari Balai Diklat Pertanian NTB, kunjungan ini adalah yang pertama,minggu depan akan ada lagi kunjungan dari PPL peserta pelatihan angkatan kedua.  (Sumber : Prisdiminggo)

Web Analytics