Berita

Sosialisasi Program SL-PTT Kabupaten Lombok Utara

Pin It

Salah satu kegiatan BPTP NTB adalah melakukan pendampingan kepada masyarakat tani di pedesaan melalui Sekolah Lapang Pengelolaan Tanaman Terpadu (SL-PTT) pada komoditas padi, jagung, dan kedelai. SL PTT dilaksanakan pada 10 Kabupaten/Kota. Sosialisasi kegiatan SL PTT dilakukan pada setiap Kabupaten/Kota dengan melakukan koordinasi dan sosialisasi dengan masing – masing Kabupaten/Kota. Sosialisasi SL PTT di Kabupaten Lombok Utara, telah dilaksanakan pada 23 Nopember 2010 di Aula Kampus Nahdatul Wathan Kabupaten Lombok Utara.

Dalam kesempatan ini Sekretaris Dinas Pertanian Kabupaten Lombok Utara menyambut baik adanya program pendampingan SL PTT yang dilakukan oleh pihak BPTP NTB, semoga dengan adanya pendampingan ini memberikan dorongan dan kinerja yang lebih baik dimasa mendatang. Disamping itu juga terselip harapan kepada BPTP NTB agar dapat melakukan bimbingan teknis pertanian lainnya di luar kegiatan SL PTT.

Peserta sosialisasi terdiri atas jajaran Dinas/instansi terkait tingkat Kabupaten Lombok Utara, BPTP NTB, UPTD/KCD, Koordinator Penyuluh Kecamatan, POPT dan PPL Pendamping, berjumlah sekitar 50 orang. Dalam sambutannya Kepala BPTP NTB Dr. Ir. Dwi Praptomo S, MS., menyampaikan bahwa program SL PTT ini bukan program pemerintah pusat, provinsi, kabupaten/kota tapi merupakan program bersama lingkup pertanian, selain itu dalam sambutannya kepala BPTP NTB menyampaikan persamaan presepsi kegiatan SL-PTT, kesiapan penyediaan benih dan saprodi, kesiapan paket teknologi, kesiapan SDM (petani dan pendamping) dan rencana tindak lanjutnya. Untuk pendampingan SL PTT oleh BPTP NTB akan dilakukan sebanyak 60 % lokasi yang telah ditetapkan oleh Dinas Pertanian Kabupaten Lombok Utara.

Kepala BPTP NTB selanjutnya, mengharapkan agar ada koordinasi yang baik antara BPTP, Dinas Pertanian Kabupaten dan para petuga lapangan. Kegiatan koordinasi dan sosialisasi dimaksudkan untuk menyamakan presepsi dan implementasi tentang PTT dan pola pendampingan teknologi oleh BPTP NTB.

Pada setiap unit pendampingan SL PTT memperoleh bantuan benih padi inbrida 5 varietas dan padi gogo masing-masing 1 kg, untuk jagung 3 varietas unggul baru setiap varietas 1 kg, sedangkan benih kedelai 4 varietas masing – masing varietas 0,5 kg. Benih yang dibantu tersebut dapat dimanfaatkan untuk media pembelajaran bagi petani dan penyuluh. (Awaluddin)

Web Analytics