Berita

Temu Lapang Demplot PTT Padi

Pin It

Temu Lapang pendampingan SL-PTT Padi (Demplot PTT) dilaksanakan Di Puyung Lombok Tengah tanggal 25 November 2010. Kegiatan ini Dihadiri oleh Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura, Kepala Bidang Produksi,Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Lombok Tengah dan Lombok Timur ,Peneliti,Penyuluh BPTP dan  perwakilan Kelompok Tani dan PPL Se –Pulau  Lombok. Kegiatan Temu Lapang pendampingan  SL-PTT Padi (Demplot PTT Padi) bertujuan untuk mendiseminasikan secara langsung hasil-hasil pengkajian kepada petani dan PPL dalam rangka  meningkatkan produktivitas dan pendapatan petani serta melestarikan lingkungan melalui pengelolaan lahan, air, tanaman dan  OPT  secara terpadu  serta untuk mempercepat adopsi teknologi oleh  pihak terkait ke tingkat petani.

Para petani melakukan peninjauan dilokasi Demplot PTT Padi dan melihat secara langsung kegiatan pendampingan Demplot PTT Padi, dalam kegiatan ini para petani diberikan penjelasan tentang aspek Teknologi budidaya Padi dengan pendekatan PTT dan  IP 400 secara rinci yang disampaikan oleh Ir. M .Zairin. Dalam penjelasanya disampaikan juga cara pengairan Basah-Kering padi sawah dengan menggunakkan pipa sepanjang 40 cm ( 20 cm diberi lubang tiap 20 cm ditancapkan kedalam tanah) dengan cara ini dapat menghemat air 30% dan mendemontrasikan   alat untuk memanen / memotong padi yang memiliki keunggulun dalam waktu 8 jam mesin ini dapat memanen padi seluas  1 Ha. Dalam kegiatan ini juga didemonstrasikan Teknologi  Persiapan lahan , Pengendalian gulma awal tumbuh dan  praktek  perlakuan benih.

Dalam sambutanya  Kepala BPTP-NTB  yang  diwakili oleh Ir. M.Sofyan Souri menyampaikan Bahwa BPTP- NTB siap melakukan pendampingan pada 60 % lokasi Sekolah Lapang PTT yang ada di NTB terutama menyangkut Teknologi. Diharapkan berbagai pihak dapat membantu dan saling bekerjasama secara optimal untuk mensukseskan program pemerintah melalui BPTP ini sehingga tujuan akhir untuk meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan petani dapat tercapai.  

Pada bagian akhir kegiatan ini dilakukan diskusi bersama kelompok tani perwakilan se - Pulau Lombok ,dalam diskusi  para petani mendapatkan penjelasan  secara detail tentang teknologi budidaya padi dengan pendekatan PTT  dan para petani mengharapkan dukungan dan kerjasama dari pihak pemerintah dalam upaya pengadaan alsintan untuk mendukung kegiatan usaha tani.  (Sumber : M. Zairin dan Nani Herawati)

 

Web Analytics