Berita

Pendampingan Kelompok Ternak Binaan SMD oleh BPTP NTB

Pin It

BPTP NTB ditugaskan untuk mendampingi kegiatan Program Swasembada Daging Sapi (PSDS) Nasional dan salah satu upaya untuk mensukseskan program PSDS dengan memasukkan komponen teknologi dalam sistem pemeliharaan ternak. Untuk dapat memasukkan teknologi, BPTP NTB  bekerjasama dengan Sarjana Membangun Desa (SMD).

BPTP NTB dalam mensukseskan program PSDS berkontribusi melalui pendampingan teknologi, demonstrasi, dan sekolah lapang. Pendampingan teknologi yang dilakukan pada kelompok ternak binaan SMD se Pulau Lombok yang tersebar di 4 kabupaten. Komponen teknologi yang didampingi oleh BPTP NTB yang dilaksanakan selama tiga dari tanggal 2, 4 dan 6 Desember 2010 adalah masalah kesehatan hewan, teknik pendugaan berat badan sapi bali, teknologi pembuatan kompos/pupuk organik, dan teknologi fermentasi jerami.

Dalam rangka mensukseskan PSDS, BPTP NTB melakukan koordinasi program dengan Dinas Peternakan masing-masing Kabupaten/Kota se Pulau Lombok. Jumlah kelompok SMD yang didampingi oleh BPTP NTB dalam rangka mendukung program PSDS tahun 2010 dapat dilihat pada tabel berikut :

Tabel 1. Jumlah kelompok SMD yang didampingi oleh BPTP NTB Tahun 2008 - 2009

No

Kabupaten

Jumlah Kelompok Binaan

1

Lombok Timur

9

2

Lombok Tengah

16

3

Lombok Barat

11

4

Lombok Utara

1

 

Jumlah

37

Sambutan SMD dan kelompok binaanya terhadap pendampingan yang dilakukan oleh BPTP NTB sangat baik. Selain itu SMD dan kelompok juga berharap kedepan BPTP NTB akan terus mendampingi dalam perbaikan manajemen usaha dan tatalaksana budidaya sapi potong. (Sumber : Awaludin dan Farida Sukmawati M)

Web Analytics