Berita

Pemerintah Kota Bima Mengapresiasi Keberhasilan Program SL-PTT Kedelai TA. 2010

Pin It

Sasaran program SL-PTT Kedelai adalah peningkatan produksi sebesar 1 t/ha dalam Laboratorium Lapangan dan 0,5 t/ha di SL-PTT. Melalui program SLPTT Kedelai TA. 2010 Kelompoktani Mangge Pambu Blok I mampu mencapai produktivitas 2,7 t/ha. Produktivitas sebelumnya dengan teknologi eksisting petani hanya berkisar 1 – 1,2 t/ha. Oleh karena itu Pemerintah Daerah melalui Dinas Pertanian dan Peternakan Kota Bima mengapresiasi dengan memberikan bantuan alsintan yakni power threser multiguna untuk penanganan panen kedelai. Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kota Bima Ir. Hj. Rini Indriati menyatakan bahwa bantuan alsintan berupa threser, handspryer dan terpal akan didistribusikan pada kelompok tani program SLPTT terutama yang berhasil mencapai sasaran peningkatan produksi.

Kunci keberhasilan peningkatan produktivitas ini terutama disebabkan oleh adanya pendampingan yang intensif dari pemandu lapang SLPTT dan detasir BPTP yang ditugaskan di lapangan. Melalui pendampingan yang intensif,  petani yang tergabung dalam kelompoktani Mangge Pambu Blok I mulai menerapkan komponen dasar PTT yaitu sistem tanam tugal, menggunakan jarak tanam 10-15 cm x 40 cm dan penggunaan benih unggul bersertifikat.  Sebelumnya petani menanam menggunakan jarak tanam yang tidak teratur dan benih tidak berlabel. Selain itu keberhasilan ini juga didukung oleh tipe petani Kelompok Mangge Pambu Blok I adalah petani inovatif mau menerima dan mengadopsi teknologi baru. Hal ini terbukti dari hasil wawancara dan FGD pertemuan SL bahwa 83% petani baik kooperator Laboratorium Lapangan maupun dalam SL, menerapkan komponen PTT

Pada tahun yang akan datang Kelompoktani Mangge Pambu Blok I mengharapkan pada pemerintah Kota Bima untuk lebih mengapresiasi sekaligus memotivasi keberhasilan petani dengan mengadakan lomba kelompoktani berprestasi, misalnya lomba peningkatan produktivitas dan lomba-lomba lainnya.(Irma Mardian)

Web Analytics