Berita

Varietas Padi Inpari 1 Adaptif Di Kota Bima

Pin It

Program SLPTT telah bergulir dari tahun 2009. BPTP NTB sebagai unit kerja Kementrian Pertanian di bawah Badan Litbang Pertanian mengemban tugas mendampingi dalam penerapan teknologi serta diseminasi varietas unggul baru (VUB). Dalam momen SLPTT TA. 2010 bentuk diseminasi VUB melalui uji adaptasi VUB. Varieas Unggul Baru padi telah banyak dilepas oleh Balai Besar Penelitian Padi, namun adopsi di tingkat petani cenderung membutuhkan waktu yang lama  karena akses petani dan pengetahuan petani terbatas tentang adanya VUB padi tersebut. Untuk meyakinkan pengguna dalam memilih VUB perlu dilakukan uji adaptasi VUB guna melihat sejauhmana kesesuaiannya dengan agroekosistem setempat melalui kegiatan uji adaptasi dalam Laboratorium Lapangan SLPTT padi sawah pada lahan petani. Hal ini dapat memberikan motivasi kepada petani untuk menilai secara langsung penampilan VUB dan produktivitas yang sesuai dengan keinginan mereka.Inpari 1 merupakan VUB padi yang dilepas Balai Besar Penelitian Padi pada tahun 2008 dengan keunggulan berumur pendek dan potensi hasil 10 t/ha GKG.

Uji adaptasi VUB Inpari 1 dilakukan di Kota Bima dengan pembanding varietas Mekongga yang ditanam oleh petani. Hasil uji adaptasi di Kelompok Tani Harapan Makmur Kelurahan Kumbe pada MK I menunjukkan produktivitas Inpari 1 sebesar 6,88 ton/ha GKP umur 98 hari sedangkan varietas Mekongga 5,28 ton/ha GKP umur 112 hari.  

Produktivitas Inpari 1 di Kota Bima cukup bervariasi, di Kelurahan Dodu produktivitas Inpari 1 sebesar 8,16 t/ha GKP. Di lokasi demplot PTT padi yang dilakukan oleh BPTP NTB pada MK II di Kelurahan Kendo Kelompok LaNao produktivitas Inpari 1  mencapai 9,6 t/ha GKP umur 104 hari sedangkan produktivitas Ciherang yang ditanam petani di luar demplot sebesar 6,23 t/ha GKP.

Hasil uji adaptasi menunjukkan bahwa varietas Inpari 1 adaptif ditanam di lahan sawah di Kota Bima. Untuk meningkatkan produksi dan memutus rantai hama penyakit melalui pergiliran varietas maka Inpari 1 merupakan pilihan untuk dikembangkan di Kota Bima.(Irma Mardian)

 

Web Analytics