Berita

Kunjungan Pelajar SMK-SPP Negeri Mataram Ke Kebun Percobaan BPTP Nusa Tenggara Barat

Pin It

Dalam rangka meningkatkan kemampuan teori dan praktek lapangan siswa kelas  X  jurusan  Kompetensi Keahlian Agribisnis Ternak Ruminansia  SMK- SPP Negeri Mataram sebanyak 23  orang siswa yang didampingi oleh 3 guru pembimbing, melakukan kunjungan untuk mempelajari Inovasi Teknologi Ternak Ruminansia dan Hijauan Makanan Ternak (HMT) di Kebun Percobaan Balai Pengkajian Ternologi Pertanian (BPTP NTB), pada hari Sabtu tanggal 27 Nopember 2010.

Kunjungan dimulai dari kegiatan budidaya peternakan yaitu di kandang ternak kambing dengan mempelajari cara beternak kambing intensif mengenai cara memilih bibit, mengatur perkawinan, pakan, perkandangan kesehatan, kemudian diteruskan ke kandang pengkajian sapi kembar, instalasi Biogas, pemanfaatan limbah padat dan limbah cair hasil dari proses Biogas. Kepada siswa dijelaskan Konsep Integrasi Tanaman Ternak dengan sirkulasi Nitrogen dari limbah tanaman diberikan ke ternak sapi dan kambing dan dari limbah ternak dalam hal ini kotoran dan urine diberikan kepada tanaman yang di budidayakan di kebun percobaan BPTP NTB. Disamping mengunjungi kebun percobaan bidang peternakan khususnya kambing, ayam, itik, sapi dan kebun Hijauan Makanan Ternak (HMT), siswa/siswi juga mengunjungi kebun percobaan bidang pertanian khususnya budidaya tanaman pangan dan hortikultura.

Dalam kegiatan ini siswa/siswi ini sangat antusias dan memperhatikan setiap penjelasan yang telah disampaikan. Rasa ingin tahu dari sisw/siswi dan guru pembimbing sangat terpancar dari antusiasnya dalam bertanya.

Setelah itu siswa/siswi juga mengunjungi Laboratorium Pengujian BPTP NTB (Terakreditasi) yang melayani jasa analisis tanah, pupuk, jaringan tanaman dan kualitas air. Bagian  terakhir dari kegiatan ini adalah melakukan kunjungan ke Perpustakaan Digital BPTP NTB. Di perpustakaan digital dijelaskan manfaat dari pemakaian komputerisasi data dan kecepatan akses data dari internet dalam upaya melihat sumber ilmu berupa buku dan majalah serta sesuatu yang berkaitan dengan peternakan dan pertanian.

Kunjungan oleh siswa Sekolah bukan kali pertama di Kebun Percobaan BPTP NTB. Setiap tahun BPTP NTB secara terus menerus dijadikan lokasi kunjungan dan tempat untuk pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan dan Magang oleh siswa dan juga sekolah-sekolah Menengah Kejuruan.

Semoga acara ini dapat memberikan manfaat bagi siswa/siswi SMK – SPP Mataram serta seluruh pihak dalam upaya mencari ilmu yang berkaitan dengan bidang Peternakan dan Pertanian melalui pengamatan ternak dan tanaman.(Sumber : Kaharudin & Farida Sukmawati M)

Web Analytics