Berita

Tindaklanjut Pendampingan PSDS: Dinas Peternakan Kabupaten Bima Lakuan Pemetaan Penyakit Cacing pada Sapi Bali

Pin It

Temuan 22 ekor ternak yang terinfeksi berbagai jenis cacing dari 30 ekor sapi yang dipelihara oleh petani dikelompok ternak binaan dari salah seorang Sarjana Membangun Desa (SMD) di Desa Mpuri, Kec. Madapangga Kab. Bima ditindaklanjuti oleh Dinas Peternakan setempat  dengan melakukan pemetaan terhadap penyakit cacingan. Pemetaan di fokuskan pada 9 kelompok ternak binaan para SMD yang tersebar di hampir seluruh kecamatan di Kabupaten Bima. Teknis pelaksanaan dilakukan oleh seluruh SMD dengan mengambil sampel kotoran ternak dan dianalisa di laboratorium Dinas Peternakan Kabupaten Bima.

Ir. Rusdi, Kasubdin Produksi Dinas Peternakan Bima menyambut baik kegiatan pemetaan kejadian penyakit cacing ini karena data yang diperoleh nantinya dapat menggambarkan penyebaran penyakit cacingan pada ternak untuk dijadikan bahan masukan penyusunan program dan rencana kerja Dinas Peternakan kab. Bima.

Sementara Itu Dr. Tanda Panjaitan, selaku penanggungjawab program pendampingan PSDS di BPTP NTB menyambut baik dengan ditindaklanjutinya hasil temuan BPTP NTB di kelompok SMD Desa Mpuri ini. ”Adanya kegiatan pemetaan terhadap penyebaran penyakit cacing ini lebih memudahkan antisipasi serta manajemen penanggulangannya” ujar Dr. Panjaitan. (Luh Gd Astiti)

Web Analytics