Berita

Monitoring dan Evaluasi Bulanan PMT (Penyelia Mitra Tani) Se-Nusa Tenggara Barat di Kabupaten Sumbawa Barat

Pin It

Pertemuan rutin evaluasi bulanan  PMT  bulan Agustus  Pengembangan Usaha Agribisnis Perdesaan (PUAP) dilaksanakan di Kabupaten  Sumbawa Barat, Tanggal 27 Agustus 2010 , di aula Kantor Pemda Kabupaten Sumbawa Barat. Pelaksanakann kegiatan ini bertujuan untuk memonitoring dan evaluasi   perkembangan masing-masing gapoktan PUAP yang ada di NTB baik perkembangan dana maupun perkembangan jenis usaha di masing-masing gapoktan Monitoring dan evaluasi bulanan PUAP dihadiri oleh 30 peserta yang terdiri dari 23 orang Penyelia Mitra Tani (PMT) Se Nusa Tenggara Barat, Kepala Dinas Kehutanan, Perkebunan dan Pertanian Kabupaten Sumbawa Barat Yang diwakili oleh  Ir. Ida Bagus Subawanto, MSi, Kepala BP2KP Kabupaten Sumbawa Barat Ir. M. Alimin dan tim teknis dari BPTP-NTB. Kegiatan ini  dilaksanakan selama satu hari yaitu tanggal 27 Agustus 2010.

Monitoring dan evaluasi bulanan PUAP  dibuka oleh Kepala BPTP-NTB (Dr. Ir. Dwi Praptomo S., MS). Dalam sambutannya,  Kepala BPTP-NTB  menyampaikan bahwa salah satu indikator keberhasilan dari Program PUAP adalah Evaluasi bulanan yang  rutin dilaksanakan setiap bulan diharapkan dapat memperlihatkan perkembangan dana yang telah dialokasikan kepada masing-masing gapoktan se Nusa Tenggara Barat. Disamping itu juga Kepala BPTP-NTB mengharapkan kepada semua Penyelia Mitra Tani (PMT) untuk melakukan pendampingan secara kontinyu kepada masing-masing gapoktan sehingga apa yang menjadi tujuan atau sasaran utama gapoktan dapat dicapai dan para peserta pertemuan dapat memikirkan  keberlanjutan Program PUAP ini setelah kegiatan berakhir ( exit Strategy ). Bagaimana bangunan atau kelembagaan yang akan datang , bentuk LKM, Koperasi atau lembaga lain yang lebih sesuai, mungkin bisa disesuaikan juga wilayah kerjanya , Kabupaten atau bahkan Propinsi.

 Kepala BP2KP dalam sambutannya mengharapkan agar ada koordinasi antar Kabupaten dan Propinsi agar terwujud suatu sinergis yang baik. Seiring dengan telah berjalannya kegiatan PUAP diharapkan agar kegiatan ini menjadi model keuangan mikro di Pedesaan yang dapat memenuhi kebutuhan finansial petani di lingkungannya dalam upaya mengembangkan usaha ekonomi produktif di bidang pertanian. Pada acara monitoring dan evaluasi kegiatan PUAP semua peserta khususnya  semua (PMT) se NTB dan tim teknis dari BPTP-NTB mengunjungi gapoktan terdekat  yang ada di Kabupaten Sumbawa Barat yaitu Gapoktan Barat Datang Desa seteluk kecamatan Seteluk dan Gapoktan MAMPIS RUNGAN desa Senayan Kecamatan POTO TANO ini dilakukan guna mengetahui jenis usaha dan perkembangan dana gapoktan yang telah disalurkan ke petani.  (Sumber : H. Sahram).

 

 

 

 

 

Web Analytics