Berita

Pertemuan SMD di Desa Murbaya Kecamatan Pringgarata Kabupaten Lombok Tengah

Pin It

Bimbingan Lapang merupakan salah satu bentuk kegiatan pada pengkajian “Pendampingan Program Percepatan Swasembada Daging di NTB”.   Kelompok Tani Ternak “Mule Jati”  yang merupakan binaan  Saripudin, SPt Sarjana Membangun Desa (SMD) sebagai Laboratorium Lapang untuk wilayah pulau Lombok  berada di Desa Murbaya, Kecamatan Pringgarata Kabupaten Lombok Barat.    Lokasi ini juga berdekatan dengan LM3 Nurul Islam yang dibina oleh Ahmad Zaini, SPt. Pada hari Senin 9 Agustus 2010, telah dilaksanakan kegiatan Sekolah Lapang dengan mengundang seluruh Sarjana Membangun Desa (SMD) yang berada di wilayah pulau Lombok. 

Sarjana Membangun Desa yang sempat hadir  berjumlah 14 orang, selain itu diikuti oleh sekitar 25 anggota kelompok dan dihadiri juga oleh Kepala BPTP NTB Dr. Ir. Dwi Parptomo S, MS, dan dari anggota kelji peternakan.  

Kegiatan yang dilaksanakan adalah : penimbangan ternak, pengukuran lingkar dada, tinggi ternak, pelatihan pembuatan Kelor Mineral Blok (KMB) dan penyampaian rencana kegiatan berikutnya di lokasi Sarjana Membangun Desa (SMD) yang lain.  Disampaikan kepada peserta (SMD) bahwa Laboratorium Lapang ini dapat menjadi tempat bagi para SMD maupun peternak di sekitar untuk belajar dan bertukar pengetahuan.  Tim pengkaji peternakan BPTP NTB senantiasa bersedia untuk membagi ilmu pengetahuan dan informasi teknologi kepada SMD dan ditawarkan kepada SMD apabila membutuhkan bimbingan yang terkait dengan penerapan teknologi beternak sapi.

Diakui oleh mereka bahwa selama ini para SMD jarang saling mengunjungi satu sama lainnya, terutama bagi mereka yang lokasinya berjauhan, namun dengan adanya kegiatan semacam ini mereka bisa datang dan melihat langsung ada yang telah dikerjakan oleh rekan mereka di desa Murbaya.  Demikian beberapa komentar SMD yang hadir pada saat itu.  Komunikasi yang dilakukan antar mereka lebih banyak melalui handphone, dan mereka bisa bertemu atau berkoordinasi pada saat kegiatan pertemuan di Dinas atau ditempat lainnya.

Pada kesempatan ini, BPTP NTB juga membagikan 5 judul buku petunjuk praktis yang terdiri dari 1 buku Panduan dan 4 buku Petunjuk Praktis;  serta 3 judul leaflet kepada para SMD yang hadir.  Buku dan leaflet yang dibagikan diharapkan dapat membantu para SMD dalam membina Kelompok Tani Ternaknya dan menjalankan usaha ternak sapinya.  Rencananya masih ada 4 judul buku dan satu leaflet yang akan dibagikan kemudian, karena masih dalam proses editing. 

Acara terakhir adalah kesepakatan untuk pelaksanaan kegiatan kunjungan dan pendampingan di masing-masing SMD.  Mengingat SMD yang sempat hadir dalam pertemuan kali ini hanya kurang dari setengah jumlah SMD di pulau Lombok, maka rencana kegiatan selanjutnya hanya pada lokasi SMD yang hadir.  Tim Pengkaji Peternakan BPTP NTB akan mendatangi lokasi SMD dengan personel masing-masing sesuai dengan topik atau bidang yang dibutuhkan.  Sebagian besar SMD memerlukan informasi terkait dengan manajemen usaha, kesehatan hewan, manajemen reproduksi dan penggemukan.  Untuk itu BPTP NTB akan menyiapkan timnya untuk dapat memenuhi permintaan para Sarjana Membangun Desa (SMD). (Sumber : Farida Sukmawati M)

 

Web Analytics