Berita

Kunjungan SD Bertaraf Internasional Mataram ke Kebun Percobaan BPTP NTB

Pin It

Sebanyak 25 siswa kelas 6 Sekolah Dasar Bertaraf Internasional Mataram melakukan Kunjungan Pengamatan Tanaman di kebun percobaan BPTP NTB  pada tanggal 3 Agustus 2010. Dalam Kata sambutannya  Kepala Tata Usaha, Ir. Sofyan Souri dan Kasi kerjasama dan Pelayanan Pengkajian Ir. Prisdiminggo menyampaikan  bahwa inovasi teknologi itu  sangat perlu dilakukan kepada pengguna. Salah satu yang dilakukan oleh SD Bertaraf Internasional dalam melakukan pengamatan tanaman dan ternak. Pertama-tama siswa/siswi kelas 6 SD mengunjung Laboratorium Pengujian BPTP NTB (Terakreditasi) yang melayani jasa analisis tanah, pupuk, jaringan tanaman dan kualitas air.

Dalam kegiatan ini  siswa kelas 6 SD  ini sangat antusias dan memperhatikan setiap penjelasan yang telah disampaikan oleh Nurul Hidayah, SP.MP dari BPTP NTB anggota Kelji Budidaya Tanaman, Nurul Hidayah secara panjang lebar menjelaskan setiap tanaman  yang ada di Kebun Percobaan mulai dari tanaman Padi, Kedelai, Kacang Tanah, Kentang, Jagung, Tanaman sayuran dll. Kehadiran siswa siswi kelas 6 SD bertaraf internasional ini  didampingi oleh 4 guru pembimbing yang  sangat memperhatikan dan mencatat segala yang dijelaskan oleh Pemandu kegiatan ini.

Disamping mengunjungi  Kebun percobaan bidang pertanian khususnya Budidaya tanaman pangan dan hortikultura, pihak siswa/siswi juga mengunjungi kandang sapi, kambing dan unggas (Ayam Arab dan Itik MA). Rasa ingin tahu dari siswa/siswi dan guru sangat  terpancar dari antusiasnya dalam bertanya. Selain itu siswa/siswi kelas 6 SD juga melihat Unit Pengelolaan Benih Sumber (UPBS) BPTP NTB yang menyediakan benih padi berkualitas dari berbagai varietas unggul baru.

Sebagai suatu upaya dalam memperkenalkan kepada siswa/siswi secara langsung dalam perbanyakan tanaman dilakukan demonstrasi perbanyakan tanaman secara vegetative yang dilakukan oleh M.Yunus, SP, teknisi pertanian yang melakukan demonstrasi perbanyakan tanaman secara sambung pucuk, tempel manggis, durian dan mangga sehingga siswa/siswi dapat melihat secara langsung kegiatan yang dilakukan oleh BPTP dalam bidang Pertanian dan Peternakan.

Bagian terakhir yang dilakukan oleh siswa/siswi kelas 6 SD Bertaraf Inetrnasional adalah melakukan kunjungan ke Perpustakaan BPTP  dalam  upaya  melihat sumber ilmu berupa buku dan majalah serta sesuatu yang berkaitan dengan pertanian dan peternakan. Semoga acara ini dapat memberikkan manfaat bagi siswa/siswi Sekolah Bertaraf Internasional serta seluruh pihak dalam upaya mencari ilmu yang berkaitan dengan Bidang Pertanian  melalui pengamatan tanaman dan ternak.

Kunjungan oleh siswa Sekolah bukan kali pertama di kebun Percobaan BPTP NTB. Setiap tahun BPTP NTB secara terus menerus dijadikan lokasi kunjungan dan tempat untuk pelaksanaan praktek kerja lapangan dan magang oleh siswa  dan juga sekolah-sekolah Menengah Kejuruan, terutama SMK bidang pertanian. (Sumber : Farida  Sukmawati & Nani)

 

Web Analytics