Berita

Ekpose dan Open House BPTP NTB "Inovasi Mempercepat Swasembada Pangan dan Daging Sapi Menuju NTB Bersaing"

Pin It

PENDAHULUAN

Latar Belakang    

Proses lahirnya suatu teknologi baru sampai diadopsi oleh pengguna memerlukan waktu yang relatif panjang, mulai dari proses penelitian, pengkajian, dan diseminasi yang akhirnya diterapkan oleh para pengguna/petani. Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) berperan mulai dari proses pengkajian sampai dengan diseminasi dan pengembangan, yang memerlukan kerjasama dengan fihak lain yang terkait. Sejalan dengan dinamika pembangunan pertanian, Badan Litbang Pertanian saat ini mengembangkan paradigma baru yaitu “Penelitian Untuk Pembangunan” yang intinya menghasilkan ilmu pengetahuan, teknologi dan system kelembagaan pertanian untuk diterapkan sebagai mesin penggerak pembangunan pertanian. Untuk itu kegiatan penelitian dan pengembangan harus berorientasi kepada kebutuhan pengguna. Dalam paradigma Penelitian Untuk Pembangunan peranan kegiatan disseminasi diposisikan sangat strategis dan sama pentingnya dengan kegiatan penelitian dan pengkajian. Sehubungan dengan itu, BPTP-NTB akan melaksanakan salah satu kegiatan diseminasi teknologi hasil penelitian dan pengkajian, kegiatan yang cukup  strategis yaitu Ekspose dan Open House hasil-hasil pengkajian BPTP-NTB.

Tema   
“Inovasi Teknologi Mempercepat Swasembada Pangan dan Daging Sapi Menuju NTB Bersaing”
 
Tujuan

Tujuan dilaksanakannya kegiatan Ekspose dan Open House BPTP NTB adalah 

  1.  Menyampaikan kepada masyarakat pengguna teknologi tentang  hasil-hasil pengkajian BPTP-NTB yang sudah dicapai selama ini
  2. Mendapatkan umpan balik (feed back) atas teknologi yang sudah disebarkan selama ini dan atas  teknologi yang disaksikan selama Ekspose dan Open House, serta teknologi yang dibutuhkan saat ini dan di masa yang akan datang.

Manfaat

Manfaat yang diharapkan adalah :
  1. Diketahuinya teknologi spesifik lokasi  yang dihasilkan oleh BPTP-NTB oleh sekitar 700 (tujuh ratus) orang pengunjung.
     
  2. Diperolehnya umpan balik atas penerapan teknologi yang sudah dilaksanakan selama ini, atas teknolgi yang disaksikan selama pelaksanaan ekspose dan umpan balik teknologi yang dibutuhkan saat ini dan di masa yang akan dating.

Sasaran   Dikunjunginya kegiatan ini oleh sekitar 700 (tujuh ratus) orang pengunjung terdiri dari unsur :  

1.    Petani (FEATI, ACIAR, PUAP, dan Primatani)

2.    Kooperator Kegiatan Pengkajian BPTP  

3.    Petani Pada Umumnya

4.    Pengusaha/Swasta

5.    Siswa/Mahasiswa  

6.    Guru/Dosen  

7.    Pejabat/Birokrat Tingkat Pusat, Propinsi dan Kabupaten  

8.    Penyuluh Pertanian  

9.    Anggota Komisi Teknologi Pertanian Provinsi NTB  

10. Masyarakat Umum  

PELAKSANAAN

Waktu 

Dilaksanakan selama dua hari pada Rabu dan Kamis tanggal 21 s/d 22 Juli  2010.

Tempat  

Pelaksanaan kegiatan Ekspose dan Open House Hasil Litkaji bertempat di Kantor dan Kebun Percobaan BPTP NTB Jalan Raya Peninjauan Narmada.

 
BENTUK KEGIATAN
 

Adapun bentuk kegiatan pada acara ini adalah :

  1. Seremonial Pembukaan oleh Gubernur NTB yang akan dihadiri oleh pejabat tingkat Pusat, Propinsi dan Kabupaten/Kota, Petani, Penyuluh, Swasta, Guru, Dosen, Widyaiswara, Siswa dan Mahasiswa dilanjutkan dengan kunjungan ke lokasi Demonstrasi, Pameran dan Bazar, sekaligus sebagai acara penutupan Hari Krida Pertanian.  
  2. Kegiatan on farm di kebun percobaan Narmada 

Pengkajian Peternakan

  • Manajemen Pemeliharaan Sapi
  • Penanaman Hijauan Pakan Ternak potensial untuk dikembangkan di NTB
  • Pembuatan bio gas, kompos, dan pupuk cair dari limbah ternak.
  • Budidaya kambing PE dan Boer yang disilangkan dengan kambing kacang.
  • Budidaya unggas.

Pengkajian Tanaman Pangan

  • Pengkajian berbagai varietas unggul baru padi sawah dengan pola PTT, serta kacang tanah, kacang hijau dan kedelai.
  • Pengkajian jagung dengan pola tanam bertingkat yaitu untuk biomas dan berbagai varietas baru.

Sayuran dan umbi-umbian, diperagakan berbagai jenis tanaman sayuran seperti, tomat varietas baru, cabe, bawang merah, buncis tegak, kentang sabrang dan ubi jalar ungu dll.

Pengolahan Hasil dipamerkan berbagai hasil olahan seperti pembuatan ice cream dari ubi jalar ungu, ceker ayam dari tepung kasava, kripik bonggol pisang, berbagai macam dodol dll.

Pertemuan/ workshop keterkaitan peneliti, penyuluh dan petani di wilayah FEATI yang diikuti oleh 50 orang peserta.

Pelatihan bagi ketua GAPOKTAN dalam rangka persiapan menjadi lembaga keungan mikro agribisnis yang didampingi oleh PMT dari masing-masing Kabupaten/kota se-NTB dengan jumlah peserta 75 orang.

Kegiatan pameran yang merupakan etalase dari kegiatan hasil pengkajian BPTP NTB serta keikut sertaan dinas/badan dan pihak swasta yang bergerak dibidang pertanian. Di samping itu juga dilakukan berbagai peragaan teknologi produksi seperti pembuatan kelor mineral blok (KMB), pengolahan hasil pertanian dan teknologi pengolahan limbah dari kotoran ternak.

Bazar teknologi pertanian serta hiburan dalam rangka memeriahkan suasana pameran dan bazaar.

Semua kegiatan dilaksanakan bekerjasama dengan Dinas/Instansi terkait, Puslit/Balit, dan Pihak swasta yang terkait dengan Produk Badan Litbang Pertanian, serta Program/kegiatan yang ada pada BPTP-NTB seperti, SL-PTT, PSDS, FEATI, PUAP dan ACIAR.   (Farida S)  

 

 

 

 

 

 

 

 

Web Analytics