Berita

Kunjungan Kepala Badan Litbang Pertanian/PLT Dirjen Tanaman Pangan ke NTB

Pin It

 

“Sekarang kita tidak perlu mencari kambing hitam lagi, iklim bukan kambing hitam terjadinya penurunan produksi pertanian” demikian disampaikan Kepala Badan Litbang Pertanian selaku Pelaksana Tugas Dirjen Tanaman Pangan, Dr.Ir. Gatot Irianto, MS, DAA, sewaktu membuka dan memberikan pengarahan pada acara Sosialisasi BLBU di Hotel Lombok Raya Mataram tanggal 19 Juni 2010. Kedatangan Plt Dirjen Tanaman Pangan ke NTB ini merupakan wujud perhatian khusus beliau mengingat NTB merupakan salah satu provinsi yang mengalami penurunan produksi pertanian cukup besar, padahal NTB merupakan salah satu penyangga pangan, khususnya beras, dan juga sebagai provinsi super focus dalam peningkatan produksi tanaman pangan.
Sebelumnya Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi NTB, Ir. Pending Dadih Permana, M.Ec.Dev, menyampaikan bahwa salah satu penyebab penurunan produksi tanaman pangan di NTB pada semester pertama tahun 2010 ini karena bergesernya musim hujan hingga 1,5 bulan yang menyebabkan kekeringan di bulan Maret-April, tetapi bulan Mei-Juni hujan justru banyak turun. Hal inilah yang menyebabkan terjadinya kekeringan dan puso, sementara penanaman palawija di bulan Maret-April malah kelebihan air sehingga palawija banyak yang rusak dan sebagian berganti menanam padi lagi. Namun demikian Dinas Pertanian sudah menyiapkan beberapa langkah penting untuk mengatasi hal ini.
Selanjutnya Plt Dirjen Tanaman Pangan meminta agar Dinas Pertanian Provinsi dan Kabupaten/Kota dapat memetakan luas tanam/panen, produksi, produktivitas, sampai ke tingkat kecamatan dan desa. Dengan demikian dapat diketahui lokasi mana yang masih rendah produksinya, kenapa turun, dan siapa yang bertanggung jawab. Dengan demikian semuanya dapat melihat kabupaten, kecamatan, dan desa mana yang masih rendah kinerjanya, dan bagaimana solusinya. Plt Dirjen Tanaman Pangan juga mengharapkan BPTP lebih berperan aktif dalam pendampingan teknologi, terutama dalam kegiatan SL-PTT untuk mendongkrak produktivitas. Beliau berharap di sisa waktu yang tinggal 6 bulan lagi, luas tanam/panen, produksi, dan produktivitas tanaman pangan utama (padi, jagung, dan kedelai) dapat terus dipacu untuk mengejar ketertinggalan selama ini.
Kegiatan Sosialisasi BLBU ini diikuti oleh Kepala Dinas yang menangani pertanian di tingkat Kabupaten/Kota se NTB, para Kepala Bidang yang menangani tanaman pangan, petugas yang menangani perbenihan, penangkar benih, petugas PT SHS, PT Pertani, BPTP NTB. Kegiatan ini diselenggarakan oleh PT SHS dalam rangka sosialisasi dan koordinasi proses pengadaan benih, distribusi, dan hal lain yang terkait dengan peran PT SHS sebagai fihak yang bertanggung jawab dalam pengadaan benih, mendukung SL-PTT dan P2BN.
Hadir dalam kesempatan tersebut Direktur Perbenihan Ditjen Tanaman Pangan Ir. Pinem, Direktur Penelitian dan Pengembangan PT SHS Dr. Nizwar Syafaat, Perwakilan PT SHS Wilayah Bali-NTB, Ir. Made Dwi, Kepala BPTP NTB, Dr. Dwi Praptomo.
Sementara itu, selesai membuka dan memberi pengarahan pada acara Sosialisasi BLBU, Plt Dirjen Tanaman Pangan meninjau PT Pertani Unit Pemasaran Wilayah Nusa Tenggara Barat di Kecamatan Kediri. Beliau berdiskusi dengan pimpinan dan staf PT Pertani tentang pengadaan dan distribusi benih dan sarana produksi yang dilakukan oleh PT Pertani dalam mendukung program P2BN, SL-PTT, dan program-program tanaman pangan secara keseluruhan.

 

Di akhir kunjungannya ke NTB, Plt Dirjen Tanaman Pangan menyempatkan diri mengunjungi calon lokasi peringatan puncak Hari Pangan Sedunia (HPS) XXX tingkat nasional di Desa Puyung, Kabupaten Lombok Tengah, yang direncanakan berlangsung tanggal 16 Oktober 2010. Kunjungan didampingi Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi NTB dan Kepala BPTP NTB. Pada kesempatan tersebut Plt Dirjen Tanaman Pangan mengingatkan agar lokasi HPS benar-benar dipersiapkan secara matang karena akan dihadiri Presiden RI. Mulai dari sekarang harus sudah dibagi-bagi tugas yang diberikan kepada Dinas/Badan/Instansi yang terkait dengan acara HPS.  (Sumber : DPS)
Web Analytics