Berita

Hari Krida Pertanian, Hari Bermuhasabah Bagi Insan Pertanian

Pin It

“Hari Krida Pertanian pada hakekatnya merupakan hari bersyukur, hari berbangga hati dan sekaligus hari mawas diri serta hari dharma bhakti yang diperingati oleh masyarakat pertanian yakni para petani-nelayan, pegawai dan pengusaha yang bergerak di sektor pertanian. Khusus bagi pemangku amanah di sektor pertanian Hari Krida Pertanian merupakan hari untuk bermuhasabah dan intropeksi diri terhadap pelayanan yang diberikan kepada masyarakat petani di Nusa Tenggara Barat.” Demikian dikatakan oleh Gubernur Provinsi NTB, Tuan Guru H. Zainul Majdi MA pada sambutannnya pada peringatan Hari Krida Pertanian (HKP) di lapangan Monumen Bumi Gora, Jln. Udayana Mataram, Senin 21 Juni 2010. Lebih jauh Gubernur mengatakan tidak ada gunanya segudang julukan dan penghargaan yang diperoleh di tingkat nasional oleh provinsi ini apabila petani dan keluarganya tetap miskin dan tidak memberikan kemanfaatan ekokonomi secara nyata.

Bebeberapa hal lain yang menjadi penekanan Gubernur NTB untuk diperhatikan dan dilaksanakan adalah issue nasional untuk merawat lingkungan hidup dan pelaksanaan program Nasional SL-PTT. Peningkatan prosentase penggunaan pupuk organik sudah selayaknya dilakukan untuk diadaptasikan pemakaiannya disegala sektor pertanian bagi perbaikan kondisi lingkungan hidup.

“Program SL-PTT padi, jagung, kedelai dan kacang tanah agar dilaksanakan secara optimal oleh aparat pertanian di NTB,” ujar Gubernur. Langkah-langkah untuk penyempurnaan pelaksanaan SL-PTT ke depan harus diantisipasi dengan membuat asumsi-asumsi terutama untuk mengantisipasi adanya perubahan iklim agar tidak berdampak yang tidak diinginkan  terhadap hasil yang akan dicapai.

Pelaksanaan peringatan HKP yang dirangkaikan dengan Pekan Hortikultura Provinsi NTB akan dilaksanakan selama satu bulan penuh dengan berbagai kegiatan diantaranya pameran pekan hortikultura, berbagai macam lomba, bhakti sosial, dan kegiatan lainnya. Penutupan HKP akan dilakukan pada saat pembukaan Open House BPTP NTB yang akan dilaksanakan tanggal 21 – 22 Juli yang akan datang.

Pada akhir acara Gubernur NTB berkunjung ke arena pameran HKP dan Pameran Hortiultura Provinsi NTB. Gubernur memberikan aspresiasi terhadap materi yang ditampilkan oleh BPTP NTB terutama pembiaan terhadap petani miskin di NTB dan inovasi teknologi khususnya Kelor Mineral Blok (KMB). Pelaksanaan pameran direncanakan berlangsung selama satu minggu yang diikuti oleh SKPD lingkup Pertanian  Provinsi, Kabupaten/Kota dan UPTP Pusat serta pelaku agribisnis hortikultura di NTB.   (Prisdiminggo)

 

Web Analytics