Berita

Tim Review ACIAR Panen Kentang di Demplot SL-PTT

Pin It

Tim reviewer kegiatan ACIAR kentang dari Bandung Jawa Barat, Ir. Asep S. Abdie, M.Sc. beserta  manager proyek ACIAR Kentang dari Australia Barat, Peter Dawson, berkesempatan melakukan panen kentang bersama dengan tim BPTP NTB dan semua petani kooperator pada demplot SL-PTT Kentang di Desa Sembalun Lawang – Kecamatan Sembalun – Kabupaten Lombok Timur. Pada tahun 2010 ini, ada lima lokasi Demplot yang dilaksanakan di Kecamatan Sembalun,  dua lokasi di Desa Sembalun Bumbung dan 3 Lokasi di Desa Sembalun Lawang.

Demplot SL-PTT kentang pada tahun ini lebih fokus pada pengendalian penyakit busuk daun yang disesabkan oleh jamur Phytopthora infestans. Pengendalian yang biasa dilakukan oleh petani adalah dengan mencampurkan fungisida sistemik dan kontak pada setiap kali aplikasi penyemprotan, sedangkan rekomendasi ACIAR adalah melakukan penyemprotan secara terpisah dan selang seling antara fungisida sistemik dan kontak sehingga biaya untuk pembelian fungisida menjadi lebih hemat. Hasil demplot menujukkan bahwa perlakuan yang berdasarkan rekomendasi ACIAR lebih baik dibandingkan dengan pengendalian yang biasanya dilakukan oleh petani. Hal ini dapat dilihat langsung oleh petani setempat sehingga dengan melihat hasil panen kentang di demplot tersebut, mereka menjadi percaya dengan teknologi anjuran dari ACIAR.

Lebih lanjut, manager proyek ACIAR kentang dari Australia Barat, Peter Dawson, mengatakan bahwa hasil demplot kentang yang dilaksanakan di Sembalun tahun 2010 ini sangat memuaskan karena di semua demplot menunjukkan tren hasil yang sama sehingga dengan melihat hasil tersebut, petani menjadi percaya dan yakin dengan teknologi yang dianjurkan ACIAR yaitu melakukan pengendalian penyakit busuk daun dengan penyemprotan selang seling antara fungisida sistemik dan kontak. Sementara itu, Ir. Asep S. Abdie, M.Sc. sebagai tim review kegiatan ACIAR Kentang sangat kagum dengan partisipasi petani pada kegiatan demplot kentang dan berharap bahwa kegiatan ACIAR kentang ini bisa dilanjutkan dan bisa lebih bermanfaat bagi peningkatan pengetahuan dan kesejahteraan petani kentang di Sembalun. (Sumber: Nurul Hidayah dan Kunto Kumoro )

 

Web Analytics